Film Dune: Part 2 mengalami perubahan jadwal tayang imbas pemogokan di Hollywood. (sumber gambar Warner Bros)

Imbas Pemogokan di Hollywood, Dune: Part II Ubah Jadwal Tayang Jadi Tahun Depan

26 August 2023   |   08:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Penikmat film fiksi ilmiah sepertinya harus sedikit lebih sabar. Pasalnya, Dune: Part 2 dipastikan bakal tunda tayang hingga 2024. Hal ini merupakan aksi mogok para penulis dan aktor Hollywood yang masih terjadi hingga kini. 

Warner Bros., sebagaimana diberitakan Variety pada kamis, (24/8/23) waktu setempat mengumumkan perubahan jadwal tayang beberapa film, termasuk sekuel film Dune besutan Denis Villeneuve yang diproduksi oleh Legendary Entertainment. 

Baca juga: Cek 5 Fakta Unik Film Dune Part Two yang Siap Tayang Tahun Ini

Film yang masih dibintangi oleh Timothee Chalamet dan Zendaya itu awalnya dijadwalkan tayang pada 3 November 2023. Namun dengan adanya kekisruhan di Hollywood akhirnya Dune: Part 2 dijadwalkan ulang bakal tayang 15 Maret 2024.

Tak hanya Dune, film Godzilla x Kong: The New Empire, yang sebelumnya dijadwalkan tayang pada 14 Maret juga diundur satu bulan menjadi 12 April. Film ini juga diproduksi oleh Legendary dan Warner Bros., dan menjadi entri terbaru mereka dalam waralaba Monsterverse.

Penundaan Dune dan deretan lainnya terjadi karena para penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) masih terus melakukan aksi unjuk rasa yang berlangsung sejak Mei 2023. Mereka berjuang untuk kompensasi upah yang layak dan perlindungan dari kecerdasan buatan alias AI.
 
 

Sedangkan, judul film lain yang terpaksa mengalami penundaan hingga 2024 adalah The Color Purple yang dijadwalkan tayang 25 Desember dan Aquaman and the Lost Kingdom pada 20 Desember meski pihak studio berencana untuk mempertahankan tanggal dan bulan yang direncanakan sejak awal untuk kedua judul tersebut.

Kendati begitu, perubahan jadwal diperkirakan tidak akan berdampak signifikan pada IMAX, yang telah merilis produk-produk seperti The Equalizer 3, Wonka dan The Marvels. Sejauh ini Baik Warner Bross maupun Legendary yakin momen liburan musim semi dapat menjadi waktu yang tepat untuk pemutaran film.

Waralaba Dune diadaptasi dari novel populer karya Frank Herbert, seorang pengarang asal Amerika Serikat yang pertama kali terbit pada 1965. Awalnya, novel ini terbit sebagai serial terpisah di majalah Analog. Setahun berselang novel ini berhasil memenangkan penghargaan Hugo and Nebula unyuk novel terbaik pembuka.

Dune juga dianggap sebagai novel fiksi ilmiah dengan penjualan terbaik di dunia yang berhasil terjual 12 juta eksemplar. Selain itu, karena kepopulerannya Novel ini juga pernah diadaptasi ke berbagai tayangan termasuk layar lebar pada 1984 yang disutradarai oleh David Lynch dan program televisi pada 2000.

Tak hanya itu, Dune juga sempat menjadi salah satu proyek  seorang sineas asal Chili-Perancis, Alejandro Jodorowsky. Namun, proyek ambisius tersebut gagal dibuat meski cerita mengenai proses pembuatannya menjadi film dokumenter bertajuk Jodorowsky's Dune yang rilis pada 2013.

Adapun, film Dune: Part 2 akan mengisahkan perjalanan Paul (Timothee Chalamet) untuk memenuhi takdirnya sebagai Kwisatz Haderach atau Sang Rasul. Uniknya, Paul juga dianggap sebagai juru selamat atau sosok Mahdi oleh kaum Fremen yang telah dinantikan kemunculannya selama beberapa abad.

Dari sinilah Paul akan berjihad bersama kaum Fremen untuk menghancurkan kelompok tiran yang diwakili oleh House of Harkonnen dan Kaisar Padishah Shaddam IV (Christopher Walken). Tak hanya itu, di sekuelnya kali ini juga akan lebih menceritakan bagaimana Paul mulai mengeksplorasi kehidupan di Arrakis.

Baca juga: Dune (1984) dan Dune (2021), Apa Perbedaannya?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Rekomendasi Vila untuk Bulan Madu Romantis di Ubud

BERIKUTNYA

Museum MACAN Lelang 10 Karya Seni untuk Dukung Pendidikan & Pemberdayaan Komunitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: