3:10 to Yuma (kiri atas), The Fighter, American Hustle, Ford v Ferrari. (Sumber gambar: Lionsgate, Paramount Pictures/The Weinstein Company, Sony Pictures/Panorama Media, 20th Century Fox)

5 Rekomendasi Film Christian Bale, Tak Kalah Seru dari Batman & American Psycho!

04 July 2022   |   16:25 WIB

Christian Bale dikenal sebagai aktor serba bisa dengan keseriusannya dalam berakting dan transformasi fisik yang drastis. Aktor asal Inggris itu juga dikenal dengan peran ikoniknya sebagai pahlawan super Batman dalam trilogi film Batman yang terdiri dari Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Knight Dark Rises (2012).

Tidak hanya itu, dia juga dikenal dengan peran yang tidak kalah ikonik seperti pembunuh berantai Patrick Bateman dari film black comedy American Psycho (2000). Selain beberapa film ini, yuk simak lima film terbaik lainnya yang pernah dibintangi oleh Bale.

Baca juga: Yuk Intip Karakter Gorr yang Diperankan Christian Bale dalam Film Thor: Love and Thunder


1. Ford v Ferrari (2019)


Beraliran biografi drama olahraga, film yang mengambil latar perlombaan balap mobil 24 Hours of Le Mans di Prancis pada 1966. Kisahnya berfokus pada tim yang terdiri dari teknisi Amerika Serikat dan Inggris di bawah pimpinan desainer Caroll Shelby (Matt Damon) dan pengemudi Ken Miles (Bale) yang diminta untuk membangun mobil balap Ford GT40 yang bisa berpotensi mengalahkan tim Scuderia Ferrari.

Tayang perdana dalam Festival Film Telluride pada November 2019, film ini kemudian mendapatkan penayangan publik beberapa pekan setelahnya dan mendapatkan respons positif karena penampilan Damon dan Bale, arahan sutradara James Mangold, penyuntingan, hingga adegan balapan.
 

2. American Hustle (2013)


Dengan aliran kriminal dan black comedy, film yang terinspirasi dari operasi Abscam milik FBI pada periode akhir 1970an sampai awal 1980an. Kisahnya melibatkan dua orang penipu bernama Irving Rosenfeld (Bale) dan Sydney Prosser (Amy Adams) yang dipaksa seorang agen FBI (Jeremy Reiner) untuk melancarkan sebuah aksi terhadap politikus korup.

Film ini mendapatkan respons yang cukup baik dalam segi naskah dan para pemain, hingga mendapatkan beberapa nominasi dalam acara penghargaan terkemuka seperti 10 nominasi di Academy Awards ke-86 dan mendapatkan tiga penghargaan British Academy Film Awards (BAFTA) 2014.
 

3. The Fighter (2010)


Digarap oleh David O. Russel, film biografi ini berfokus pada karakter petinju profesional Micky Ward (Mark Walberg) dan kakak laki-laki tirinya Dicky Eklund (Bale) beserta dengan ibu mereka yang menjadi manajernya. Inspirasi film ini diangkat dari dokumenter keluarga Eklund-Ward berjudul High on Crack Street: Lost Lives in Lowell yang tayang pada 1995.

Film ini menerima respons yang positif dengan ulasan penampilan para aktor yang baik serta beberapa detail seperti berat badan, aksen bicara, serta perilaku dan gestur tubuh. Capaian ini membuat film tersebut mendapatkan tujuh nominasi termasuk Best Picture dan Best Director serta memenangkan Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress dalam Academy Awards ke-83.
 

4. The Big Short (2015)


Bale bermain sebagai karakter di dalam krisis finansial 2007-2008 dalam film biografi beraliran komedi-drama ini. Disutradarai oleh Adam McKay, kisahnya berfokus pada Michael Burry yang menyadari bahwa sejumlah tagihan rumah subprime berada dalam bahaya. Hal ini membuatnya bertaruh sebanyak satu triliun dari uang para investor ke dalam sebuah layanan kredit, sehingga memancing para oportunis yang ingin memanfaatkan kejatuhan ekonomi demi keuntungan.

Film ini mendapatkan respons baik dengan pendekatan isu yang serius dan rumit dengan rincian yang sangat baik, di saat yang sama membawakan kisah kehidupan dengan aspek humor serta beberapa aspek produksi seperti penampilan para aktor, arahan McKay, penyuntingan, dan naskah yang baik.
 

5. 3:10 to Yuma (2007)


Film beraliran koboi atau western dari James Mangold ini bercerita tentang peternak miskin (Bale) yang mengambil pekerjaan berbahaya untuk menangkap seorang penjahat (Russel Cowe) agar bisa ditindak secara hukum karena meneror kawasan Arizona pada 1800an. Kisah ini diadaptasi dari cerita pendek Three-Ten to Yuma karangan Elmore Leonard pada 1953 dan merupakan adaptasi kedua setelah film berjudul sama rilis pada 1957.

Meski keuntungan yang didapat cukup baik dengan pendapatan total sebesar US$71 juta dari seluruh dunia pada 2007, film ini mendapatkan variasi respons baik. Beberapa ulasan sejumlah kritikus menyebut film tersebut meningkatkan kualitas dari film adaptasi sebelumnya, memiliki kesan dari kisah korupsi yang berlandaskan kerakusan, dan penampilan kedua aktor utama yang berkesan

Selain lima film di atas, Bale juga membintangi sejumlah judul populer lainnya  yang tak kalah menarik untuk disaksikan, antara lain Howl's Moving Castle (2004), The Machinist (2004), I'm Not There (2007), The Prestige (2006), dan Empire of the Sun (1987).

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Apa Itu Penyakit Angin Duduk? Penyebab Kematian Mendadak pada Seseorang

BERIKUTNYA

Mengenal Asal-usul Sate Taichan, Ternyata Tercipta Secara Kebetulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: