Menjadi seorang ibu, bukan berarti akan menutup pintu para perempuan untuk tetap berkarya dengan bebas (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

Moms, Yuk Tetap Berkarya! Ini 4 Karier yang Bisa Jadi Pilihan Bekerja dari Rumah

11 July 2022   |   13:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Penulis

Dalam mini survei yang dilakukan oleh Ibu Punya Mimpi di acara Comeback Journey Ibu, webinar untuk para Ibu yang ingin kembali bekerja, ditemukan 27 dari 50 ibu punya aspirasi menjadi penulis.

Baca jugaIngin Jadi Penulis Kontributor Travel? Coba Cek Deh 4 Tips untuk Pemula Ini

Untuk  memulai karier sebagai penulis, ibu bisa mengawalinya dengan mengikuti kelas-kelas kepenulisan. Salah satunya Akademi Penulis Mimpi Ibu (APMI) dari Ibu Punya Mimpi, program tujuh minggu untuk ibu mendapatkan video belajar dan praktik langsung lewat berbagai tantangan menulis. 

Agar semakin pandai menulis, ibu juga bisa memanfaatkan platform media gaya hidup Hypeabis.id sebagai kontributor, sekaligus mengasah kemampuan menulis. Dengan banyak berlatih, bukan tidak mungkin ibu akan menjadi penulis yang andal.

“Di APMI, saya bisa meningkatkan kemampuan menulis sekaligus menambah pengalaman bekerja dengan brand sebagai penulis. Dengan bertambahnya kepercayaan diri, skill dan pengalaman, bisa mendukung saya buat comeback menjadi social media manager di satu sekolah dan editor di situs literasi keuangan bagi ibu,” ujar Debby Arifin, salah satu peserta APMI.


4. Pebisnis

Satu lagi profesi yang bisa menjadi pilihan bagi para ibu yang ingin berkarier dari rumah adalah menjadi pebisnis. Banyak hal yang bisa ibu gali untuk menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Apalagi, saat ini sudah banyak program pemberdayaan perempuan di bidang wirausaha yang dibuat baik oleh organisasi swasta maupun pemerintah. Mulai dari training, kompetisi, beasiswa kelas bisnis, pemberian modal usaha sebagai mitra binaan, dan lainnya.

Baca jugaRekomendasi Peluang Bisnis Pertanian Rumahan Penghasil Cuan

Berbisnis jelas bisa dilakukan dari rumah. Ibu bisa menjadi produsen, reseller, dropshipper atau bahkan affiliator. Pilihan ragam ini disesuaikan dengan aspirasi dan kemampuan ibu dalam mengurus bisnis. Menjadi reseller atau dropshipper juga bisa menjadi pilihan bagi ibu yang masih minim waktu, energi, dan modal yang tersedia buat berbisnis.

Namun, bagi para ibu yang menyukai tantangan dan berminat memiliki brand sendiri, Ibu Punya Mimpi setiap tahunnya memberikan beasiswa kelas bisnis bagi para ibu yang mau mulai membangun bisnisnya, baik yang masih berupa ide maupun berniat untuk scale up atau meningkatkan bisnisnya.

“Berkat program beasiswa ini alhamdulillah aku berhasil launching Gallerysani. Selain bersyukur sekali bisa bertatap muka dan berkonsultasi dengan para mentor yang ahli di bidangnya, aku juga sangat bersyukur bisa bertemu dan berkenalan teman-teman sesama awardee yang sangat suportif,” kata Ibu Hani Zaharani, awardee Batch 6 Beasiswa Ibu Punya Mimpi.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

5 Ide Taman Samping Rumah yang Bikin Hunian Kalian Terasa Asri & Nyaman

BERIKUTNYA

4 Keuntungan Berbisnis Minuman Es Teh Kekinian yang Makin Manis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: