Taman bagian samping rumah bisa jadi tempat yang membuat sebuah rumah menjadi asri dan teduh . (Sumber gambar: Unsplash/Eugenia Clara)

5 Ide Taman Samping Rumah yang Bikin Hunian Kalian Terasa Asri & Nyaman

11 July 2022   |   14:14 WIB

Bila kalian memiliki taman di samping rumah, maka jangan biarkan terbengkalai begitu saja. Cobalah kalian hidupkan kembali area hijau tersebut. Dengan begitu, rumah kalian akan terasa lebih hijau, serta lebih sehat tentunya. 

Keberadaan taman-taman di rumah ini memang sejalan dengan mulai berkurangnya ruang hijau di luar rumah. Selain itu sebagian dari penghuni juga memiliki kegemaran baru dalam berkebun. Terkaith hal ini, ada lima ide elemen yang bisa diaplikasikan pada taman di bagian samping rumah, yuk coba buat.

Baca juga: Biar Nyaman & Tenteram, Begini Cara Memilih Furnitur untuk Taman
 

1. Taman vertikal (vertical garden)

Taman vertikal bisa jadi opsi bagi Genhype yang senang berkebun, tapi memiliki keterbatasan lahan. Biasanya, taman jenis ini menggunakan tanaman merambat. Agar tanaman tesrebut lebih rapi kalian bisa menggunakan frame untuk mengatur tanaman tersebut. Selain itu, kalian juga bisa meletakkan beberapa pot secara vertika. 

Beberapa tanaman yang bisa dipilih untuk taman vertikal adalah bunga begonia, tanaman hosta, bunga iris Jepang, bunga anggrek, geranium gantung, dan tanaman pakis atau fern. Tanaman-tanaman ini bisa menutupi bagian dinding sehingga penghias untuk dinding maupun area lain.
 

2. Jalanan dengan batu pasir (sandstone)

Taman yang menarik biasanya menyediakan jalan setapak yang terbuat dari batu pasir, salah satu batu alami yang memiliki kelebihan pada ketahanan terhadap cuaca. Penggunaan batu sebagai bagian dari taman samping rumah bisa jadi salah satu opsi untuk mempercantik taman, sekaligus mengurangi risiko kerusakan rumput karena terlalu sering diinjak.

Penggunaan batu pasir bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik dengan potongan standar berbentuk persegi panjang maupun dengan bentuk unik. Hal ini untuk menciptakan kesan yang lebih santai. Tidak hanya itu, di sekitar batu bisa diberikan tekstur tambahan berupa rerumputan.
 

3. Tanaman berlapis

Untuk memberikan kesan cantik pada taman bagian samping rumah, elemen peletakan tanaman secara berlapis bisa jadi opsi yang bisa Genhype terapkan. Tanaman yang bisa dipilih bervariasi dari tanaman yang menonjol seperti agave, palem, tanaman tropis sejenis tanaman pisang, hingga ara biola. 

Tidak hanya memberikan kesan yang khas, tanaman ini juga bisa menciptakan kesan jalan yang lebih panjang dan membuat rumah menjadi lebih teduh, sehingga rumah dan taman tampak menjadi lebih asri.


Baca juga: Begini Cara Mengubah Sisa Lahan Kecil di Rumah Menjadi Taman Cantik


4. Perabotan pendukung

Supaya taman samping rumah tidak terlihat jenuh, Genhype bisa menambahkan coffee table atau meja kecil dan beberapa kursi untuk menghiasi taman samping rumah. Selain sebagai tempat bersantai, taman ini juga bisa jadi tempat duduk bersama tamu dan keluarga saat senggang. Bagian ini bisa jadi tempat untuk sekadar ngobrol maupun minum kopi atau teh atau hanya duduk santai sambil membaca buku.
 

5. Lampu taman

Agar taman tak hanya terlihat indah pada siang hari tapi juga pada malam hari, gunakan lampu taman yang bisa menerangi jalan dan beberapa bagian pada taman.

Baca juga: Pahami 5 Hal Ini Sebelum Menghadirkan Lampu Gantung di Rumah

Dengan karakteristik taman samping rumah yang lebih gelap pada malam hari, penggunaan lampu pada jalan, beberapa bagian dinding, atau lampu gantung berbentuk tali bisa jadi opsi yang digunakan agar Genhype mudah berjalan di taman pada malam hari.
SEBELUMNYA

Siswa Baru Enggak Usah Bingung, Nih 35 Jawaban Teka-teki Makanan & Minuman MPLS

BERIKUTNYA

Moms, Yuk Tetap Berkarya! Ini 4 Karier yang Bisa Jadi Pilihan Bekerja dari Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: