Ilustrasi sapi (Sumber gambar: Daniel Quiceno M/Unsplash)

Simental hingga Limosin, Kenali 8 Jenis Sapi Kurban di Indonesia

10 July 2022   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like

5. Angus

Dikenal juga dengan nama Black Angus atau sapi hitam, sapi ini berasal dari Skotlandia dan populer sebagai sapi potong yang banyak dimanfaatkan untuk hidangan steak di daratan Eropa hingga Amerika. Bukan tanpa alasan, daging dari sapi ini diketahui berkualitas baik dengan kandungan lemak yang sedikit dan serat yang padat.

Baca juga5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tidak Bau dan Tahan Lama

Sapi Angus diketahui mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1976 dan mulai dilakukan peranakan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, sehingga jumlahnya menjadi cukup banyak pada kisaran tahun 1982-1992.
 

6. Brangus

Sapi jenis satu ini merupakan bentuk perkawinan silang antara sapi Brahman dan sapi Angus sehingga menghasilkan sapi yang mudah untuk dipelihara dan diternak, dan memiliki keunggulan dari masing-masing induk yang dikawinkan silang.

Hasil silangan аntаrа Brahman dan Angus уаng menghasilkan jenis Sapi Brangus іnі berasal dаrі Oklahoma, Amerika Serikat, yang kemudian juga diimpor dan dibudidayakan di Indonesia.

Keunggulan dari sapi jenis ini disebutkan tahan terhadap cuaca panas, gigitan serangga, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan memiliki produktivitas daging yang tinggi. Terbukti, bobot dari sapi Brangus jantan bisa mencapai 1.800 kilogram dan 1.200 kilogram untuk Brangus betina.
 

7. Madura

Seperti namanya, jenis sapi satu ini berasal dari di Pulau Madura dan sekitarnya. Jenis ini merupakan salah satu sapi lokal Indonesia yang mampu beradaptasi dengan baik saat dihadapi dengan keterbatasan lingkungannya.

Sapi ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan sapi asli atau lokal lainnya, dan dipercaya sebagai bentuk kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia yang harus dijaga dan dipelihara kelestariannya.

Sebab, sapi ini disebut tahan terhadap penyakit dan mampu bertahan hidup di lingkungan tanah kering sekalipun. Berat badan sapi Madura bermacam-macam, dari yang rendah sekitar 300 kilogram dan yang terberat sekitar 500 kilogram.
 

8. Bali

Sapi bali adalah sapi asli Indonesia yang dihasilkan dari penjinakan banteng dan diternakan secara murni di Pulau Bali. Sapi bali termasuk jenis sapi unggul dalam kemampuan beranak dan komposisi tubuhnya. Sapi bali juga memiliki presentase karkas yang tinggi.

Warna kulit sapi bali betina adalah merah kecokelatan, sedangkan pada sapi bali jantan yang sudah dewasa, warna sapi bali menjadi hitam. Sapi bali memiliki kaki yang pendek tetapi kuat dan cenderung mirip kerbau.

Bobot sapi bali berkisar antara 300-400 kilogram dengan tinggi sekitar 130 sentimeter. Tidak hanya di Pulau Bali, saat ini sapi bali sudah disebar ke wilayah lain di Indonesia hingga luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, dan Australia.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Ini Pintu Gerbang dan Area Parkir yang Bisa Diakses Jemaah

BERIKUTNYA

4 Hikmah Ibadah Kurban saat Hari Raya Iduladha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: