Masjid Istiqlal setelah direnovasi. (Sumber gambar : Bisnis/Himawan L Nugraha)

Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Ini Pintu Gerbang dan Area Parkir yang Bisa Diakses Jemaah

09 July 2022   |   23:13 WIB

Masjid Istiqlal menjadi tempat untuk pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan. Rencananya, ibadah pada hari raya tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin, dan para petinggi negara lainnya, serta duta besar negara-negara sahabat.

Diprediksi jemaah akan membludak mengingat pelaksanaan salat Iduladha di Istiqlal absen selama dua tahun pandemi Covid-19. Terlebih di masjid ini akan diselenggarakan pemotongan hewan kurban yang nantinya diberikan kepada kelompok yang berhak menerimanya.  

Buat kalian yang berencana melaksanakan salat Iduladha di Masjid Istiqlal, usahakan datang sebelum jam 06:00 pagi agar mendapat tempat yang nyaman. Pasalnya, pelaksanaan salat Iduladha di masjid tersebut rencananya dimulai pukul 07.00 WIB. 

Untuk masuk ke area Istiqlal bagi pejalan kaki maupun yang membawa kendaraan, pengurus masjid telah membuka empat gerbang yang bisa diakses. Berikut ini daftarnya sesuai informasi yang dibagikan pengurus Masjid Istiqlal : 

Baca Juga : Perhatikan 6 Hal Ini Bagi Kalian yang Salat Iduladha di Masjid Istiqlal 


Pintu Gerbang Al-Aziz 

Pintu gerbang Al Aziz masjid ini berada tepat di seberang kantor Kementerian Agama. Pintu gerbang tersebut diperuntukkan sebagai parkir kendaraan di area basement. Kendati demikian, pintu ini tetap bisa dilalui oleh jemaah yang berjalan kaki. 
 

Pintu Gerbang Al-Fattah

Pintu gerbang Al-Fattah terletak di seberang Gereja Katedral. Berdasarkan informasi dari pengurus masjid Istiqlal, pintu tersebut diperuntukkan khusus bagi para pejalan kaki yang akan masuk dan keluar area masjid. Bagi kalian yang membawa kendaraan, jangan salah jalan ya! 
 

Pintu Gerbang Al-Mu’min

Selanjutnya adalah pintu Gerbang Al-Mu'min yang terletak tepat di Tugu Adipura. Jika Al-Fattah menjadi akses khusus pejalan kaki, maka pintu gerbang ini bisa dilalui oleh kendaraan yang parkir di bagian basement gedung masjid. Pintu ini juga bisa dilalui pejalan kaki.
 

Pintu Gerbang Al-Ghaffar

Pintu akses terakhir yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung salat Iduladha di Masjid Istiqlal adalah gerbang Al-Ghaffar. Gerbang ini terletak tepat di seberang Gedung Pertamina. Sama seperti gerbang Al-Fattah, akses pintu gerbang ini hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki. 

Itu dia informasi seputar akses jalan dan parkir bagi para pengunjung atau jamaah yang akan melaksanakan ibadah salat Iduladha di Masjid Istiqlal. Bagi kalian yang menjalankan ibadah ini, selamat hari raya Iduladha! 

Editor : Syaiful Millah 

Editor : 
SEBELUMNYA

Perhatikan 6 Hal Ini Bagi Kalian yang Akan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

BERIKUTNYA

Simental hingga Limosin, Kenali 8 Jenis Sapi Kurban di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: