Laptop menjadi salah satu pilihan perangkat penunjang bagi content kreator.

2 Rekomendasi Laptop Premium Buat Para Content Creator

25 June 2022   |   08:35 WIB

Banyaknya aplikasi media sosial saat ini mendorong masyarakat masuk pada apa yang disebut sebagai era konten. Setiap orang kini bisa membuat konten dalam bentuk apa pun, dan mengunggahnya di berbagai platform yang tersedia. 

Bagi mereka yang baru ingin mencoba menekuni dunia kreator konten (content creator), maupun bagi yang telah berkecimpung di bidang ini, kebutuhan akan perangkat elektronik penunjang sangat penting. Laptop, pada umumnya merupakan pilihan utama karena sejumlah alasan. 

Pertama, perangkat yang lebih fleksibel sehingga memungkinkan proses penciptaan dan pengelolaan konten dilakukan di mana saja. Kedua, laptop modern telah memiliki kemampuan komputasi yang mumpuni, tidak kalah dengan desktop. 

Tak ayal, sejumlah pabrikan laptop berlomba menghadirkan produk terbaik dan unik mereka yang menyasar kalangan pembuat konten. Lenovo adalah salah satunya, dengan memperkenalkan laptop Yoga 9i terbaru yang ditenagai oleh prosesor Intel Core Generasi Ke-12. 

Baca Juga: Cek, Rekomendasi Laptop untuk Para Programmer 

 

Lenovo Yoga 9i

Lenovo Yoga 9i (Sumber gambar: Lenovo)

Lenovo Yoga 9i (Sumber gambar: Lenovo)


Consumer Product Lead Lenovo Indonesia, Melton Ciputra, mengatakan bahwa perangkat Lenovo Yoga terbarunya dihadirkan untuk memberdayakan banyak orang. Perusahaan juga berkolaborasi dengan kreator lokal di bidang gaya hidup dan hiburan, ketika meluncurkan laptop beberapa waktu lalu. 

Bicara soal spesifikasi, Yoga 9i dibekali dengan layar super premium. Ukuran 14 inci, dengan rasio 16:10, resolusi 4K WQUXGA (3840x2400 piksel) OLED. Telah didukung dengan 100?I-P3, Display HDR 500, dan Dolby Atmos. 

Pada bagian atas layar, terdapat takik yang lebih menonjol di sisi tengah. Takik itu dihadirkan untuk menyematkan kamera depan resolusi FHD 1080 piksel plus sensor infra merah dan Privacy Shutter. Takik juga bisa dipakai untuk memudahkan membuka laptop. 

Lenovo juga menyematkan empat speaker Bowers & Wilkins pada laptop, sehingga memberikan kualitas audio yang realistis, yang penting untuk keperluan kreator khususnya yang bergerak di bidang musik. 

Beralih ke bagian dapur pacunya, Yoga 9i menyematkan prosesor Intel Core i7-1280P generasi terbaru, yang juga dilengkapi kartu grafis terintegrasi Iris Xe Graphics. Memorinya 16GB LPDDR5-5200 dengan penyimpanan SSD 1TB. 

Kombinasi prosesor dan kartu grafis Intel merupakan konfigurasi yang pas untuk para kreator, karena banyak memiliki fitur khusus penunjang. Ditambah harinya Lenovo AI Core 2.0 dengan fitur teknologi seperti smart sense solution dan smart security solution

Hal lain yang menjadi daya tarik dari laptop ini, khususnya bagi para kreator adalah fitur Precision Pen generasi kedua dan Tilt Detection. Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang banyak melakukan aktivitas desain grafis. 

Lenovo juga menghadirkan papan tik yang unik pada Yoga 9i. Pada sisi kanannya, terdapat fitur yang disebut 1 Click Function Key dengan beberapa tombol yang punya fungsi khusus. 

Ada tombol Smart Power untuk pengaturan profil daya, tombol Background Blur untuk mengubah latar menjadi blur saat panggilan video, tombol Vibe Check untuk profil audio dan mode cahaya, serta tombol Fingerprint  yang melengkapi fitur Face Recognition. Lenovo membanderol perangkat unik ini dengan harga mulai dari Rp26,99 juta. 

Baca Juga : Spesifikasi Jajaran Laptop Lenovo Yoga dengan Intel Core Generasi Ke-12

 

Asus ROG Zephyrus Duo 16 

Selain Lenovo, Asus juga belum lama ini memperkenalkan laptop untuk para pencinta gim sekaligus kreator konten. Adalah Asus ROG Zephyrus Duo 16, yang merupakan laptop dengan layar ganda yang akan meningkatkan produktivitas pengguna. 

Asus Southeast Asia Regional Director, Jimmy Lin, menuturkan bahwa laptop ini dirancang bukan hanya untuk bermain gim, tapi para kreator khususnya game streamer yang punya kebutuhan kinerja kelas atas. 

Keunikan laptop ini terlihat jelas. Layar tambahan yang berada di bagian atas papan tik atau di bawah layar utama. Perusahaan menamainya ROG ScreenPad Plus yang berukuran 14,1 inci dengan resolusi hingga 4K. 

Layar tambahan ini memiliki kegunaan yang beragam. Bisa dipakai untuk membuka aplikasi sampingan sementara layar utama membuka peranti lunak lain. Misalnya, layar besar untuk bermain gim dan layar mini untuk membuka aplikasi streaming, dan ragam skenario pemakaian yang lain. 

Adapun, layar utamanya berukuran 16 inci dengan standar ROG Nebula HDR. Artinya, laptop dipastikan memiliki color gamut 100 persen DCI-P3, dengan kecerahan hingga 1100 nits, dan fitur adaptive sync. Tersemat juga sertifikasi Pantone Validated Display, TUV Rheinland, dan Dolby Vision. 

Dapur pacu yang digunakan adalah AMD Ryzen 6000 Series. Laptop ini merupakan salah satu pinoir yang membawa cip terkuat AMD ke pasar Indonesia. Dibekali juga dengan pilihan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3000 Series. 

Kombinasi cip dan kartu grafis performa tinggi ini diimbangi dengan hadirnya Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal  terbaru, yang dapat beroperasi pada mode boost dengan jangka waktu lebih lama. 

Fitur penting lainnya yang disematkan adalah MUX Switch. Sebuah cip khusus yang mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop, tanpa harus melalui prosesor dan kartu grafis. Fitur ini mendorong peningkatan kinerja lebih tinggi lagi. Asus membanderol laptop gim-kreator konten ini mulai dari Rp39,99 juta. 

Baca Juga : Intip Spesifikasi dan Harga Laptop Gaming Asus ROG Strix Scar 17SE & ROG Flow X16 

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Hati-hati Scammer, Ini 5 Cara Membedakan Photocard K-pop Asli dan Palsu

BERIKUTNYA

Bisakah Penderita Kanker Serviks Hamil?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: