Perangkat laptop telah banyak dipakai untuk keperluan programmer (Sumber gambar: Unsplash/Arnold Francisca)

Cek, Rekomendasi Laptop yang Cocok buat Programmer 

12 April 2022   |   12:42 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Era yang kian digital menuntut lahirnya banyak talenta di bidang teknologi informasi. Keahlian seperti pemrograman menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang dan sektor aktivitas saat ini. 

Bagi para pemrogram atau programmer, kebutuhan akan perangkat seperti komputer seperti desktop sangat penting untuk melakukan berbagai pekerjaan. Kendati begitu, laptop juga tak kalah vital sehingga mereka bisa bekerja lebih fleksibel. 

Saat memilih laptop terbaik untuk pemrograman, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Ini termasuk prosesor serta RAM dan memori penyimpanan berkecepatan tinggi, begitu juga dengan tampilan atau layar dan papan tik yang nyaman. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa laptop yang bisa dijadikan senjata untuk menjalankan aktivitas pemrograman bagi para programmer: 
 

1. MacBook Pro 14 Inci 

Produk laptop dari Apple adalah salah satu yang paling populer digunakan oleh pelaku kreatif, termasuk para programmer untuk membuat karya-karya mereka. Ini disebabkan oleh laptop dibekali dengan cip M1 Pro atau M1 Max yang punya performa tingkat tinggi. 

Selain itu, Macbook Pro 14 Inci (2021) juga punya layar XDR berkualitas, kendati ukurannya mungkin terlalu kecil untuk sebagian orang. Hal lain yang cukup penting bagi programmer adalah ketersediaan port untuk berbagai periferal tambahan. 
 

2. Dell XPS 15 

XPS adalah seri laptop Dell yang memiliki desain menarik dan komponen seluler paling kuat. Ringan dan tipis tapi tetap bertenaga. Dell XPS 15 adalah pilihan yang cocok untuk para proggamer untuk tampil profesional. 

Ada berbagai pilihan komponen spek yang tersedia, termasuk Intel Core Generasi Ke-12 yang belum lama ini diumumkan oleh perusahaan. Begitu juga dengan pilihan grafik seperti Intel Iris Plus atau Nvidia GeForce GTX 1650 Ti. Alhasil laptop ini memiliki kapasitas yang diandalkan untuk menunjang pekerjaan programmer.
 

3. Google Pixelbook Go 

Pixelbook Go merupakan salah satu laptop Chromebook terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pemrograman. Pasalnya, PIxelbook menghadirkan banyak fitur premium termasuk daya tahan baterai yang baik hingga papan tik (keyboard) terbaik. 

Pixelbook tidak berjalan pada sistem operasi Windows 10 atau 11 tetapi Chrome OS yang pemakaiannya lebih simpel. Pengguna juga bisa menginstal Linux jika diperlukan untuk pemakaian pemrograman yang lebih serbaguna. 
 

4. HP Spectre x360 13 

Laptop 2-in-1 yang dikembangkan oleh HP ini punya spek dan fitur menarik untuk para programmer. Ini dibekali dengan pilihan Intel Core i5 atau i7 Generasi ke-11 dengan prosesor grafik Intel Iris Xe plus pilihan RAM hingga 16GB. 

Hanya saja, soal spesifikasi laptop, HP Spectre x360 13 ini punya ukuran layar yang cukup mini yakni 13,3 inci hingga 4K edge AMOLED Multitouch. Bagi sebagian orang ini mungkin menjadi keuntungan. Terutama bagi yang memiliki mobilitas tinggi, karena akan lebih mudah dibawa, tapi bagi sebagian yang lain bisa jadi kekurangan karena butuh layar yang lebih lebar. 
 

5. Lenovo ThinkPad X1 Extreme 

ThinkPad merupakan mobile workstation dari vendor Lenovo. Seperti namanya, workstation dipastikan memiliki kinerja seluler yang sangat mumpuni untuk berbagai keperluan, tak terkecuali aktivitas pemrograman. 

Perangkat ini juga punya bodi serat karbon dan aluminium yang kuat, sehingga lebih aman di bawa-bawa. Selain itu, ThinkPad terkenal memiliki papan tik yang sangat nyaman digunakan dalam jangka panjang, cocok untuk programmer yang banyak menggunakan keyboard dalam bekerja. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenali Bakteri Salmonella yang Jadi Viral Akibat Cokelat Kinder

BERIKUTNYA

14 Jenis Outerwear Perempuan Selain Jaket & Coat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: