Mengasah keterampilan merupakan modal penting untuk tetap relevan (Sumber gambar: Unsplash/Tyler Franta)

7 Keterampilan di Bidang Bisnis yang Penting untuk Dimiliki 

25 June 2022   |   07:44 WIB

Transformasi digital yang kian masif telah mengubah lanskap banyak industri dan aktivitas masyarakat. Pola kerja yang dulu banyak diterapkan juga telah bergeser, begitu juga dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk tetap relevan. 

Laporan terbaru berjudul Global Skills Report 2022 yang dirilis oleh Coursera - penyedia kursus daring - menyatakan bahwa pada pertengahan dekade ini, diprediksi sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang. Namun demikian, akan ada 97 juta pekerjaan baru yang dihasilkan. 

Untuk itu, menambah dan memperkaya keterampilan menjadi hal penting bagi level individu hingga perusahaan - dengan membekali karyawannya dengan skill tambahan. Laporan menyoroti beberapa keterampilan penting yang perlu diperhatikan dalam dunia bisnis. 

Baca jugaTren Global 2022, Keterampilan Digital Makin Penting Hingga Pelatihan Kian Diminati

Coursera menyatakan, bahwa keterampilan yang penting dalam ranah bisnis adalah kumpulan kompetensi yang memiliki domain fokus pada praktis harian dalam menjalankan operasional sebuah bisnis. Berikut daftarnya. 

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Perencanaan Bisnis Agar Usaha Kalian Tidak Boncos
 

1. Akuntansi 

Akuntansi yang dimaksud adalah keterampilan untuk melakukan pencatatan dan komunikasi informasi keuangan yang tepat bagi perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan aturannya. Contoh keterampilannya adalah auditing dan akuntansi keuangan. 

Baca jugaKalian Lagi Merintis Usaha? Perencana Keuangan Ingatkan Pentingnya Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis


2. Komunikasi 

Keterampilan komunikasi ini melibatkan praktik diskusi antara dua individu atau lebih, dalam bentuk lisan maupun tulisan. Keterampilan ini masih menjadi peranan vital yang disebutkan dalam laporan. Contohnya kemampuan menulis dan komunikasi interpersonal serta berbicara di depan umum. 
 

3. Keuangan 

Keterampilan keuangan atau finansial berfokus pemahaman terkait alokasi modal yang efisien terhadap peluang investasi, dalam kondisi risiko atau ketidakpastian. Contoh keterampilan rigid yang diperlukan termasuk pemahaman mengenai rasio finansial hingga pengetahuan mengenai blockchain
 

4. Manajemen 

Keterampilan manajemen adalah tentang bagaimana menetapkan strategi perusahaan dan mengkoordinasikannya dengan seluruh pemangku kepentingan. Untuk dapat melakukan hal itu, diperlukan kemampuan manajemen orang hingga analisis bisnis yang mumpuni.
 

5. Pemasaran 

Pemasaran adalah proses menciptakan hubungan dengan pelanggan potensial dan aktual, memungkinkan pelaku bisnis untuk mengidentifikasi bagaimana mereka harus menampilkan diri. Keterampilan pemasaran yang penting dipelajari adalah penempatan produk dan pemasaran digital. 
 

6. Penjualan 

Sektor penjualan (sales) difokuskan untuk membawa produk dan layanan perusahaan ke pasar, dan melakukan transaksi riil dengan para pelanggan yang ada. Contoh keterampilan penjualan yang diperlukan ke depan misalnya cross selling dan lead generation.
 

7. Kewirausahaan 

Kewirausahaan atau bahasa kerennya entrepreneurship merupakan rangkaian proses bisnis yang meliputi kegiatan merancang, meluncurkan, dan menjalankan sebuah bisnis. Untuk melakukan ini, keterampilan utama yang dibutuhkan adalah kemampuan beradaptasi dan inovasi. 


Editor: Gita Carla 
SEBELUMNYA

Jangan Dilupakan, Apoteker Pun Miliki Peran Besar Selama Pandemi

BERIKUTNYA

Waspada Workplace Bullying, Ini 6 Tip Menghadapinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: