Andhika dan Dewi pemilik gerai Dea Cell

Sukses Jualan Pulsa dan Paket Data Usai Kena PHK, Ini Tipsnya

06 August 2021   |   16:53 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Selama pandemi, kegiatan bekerja dan belajar dilakukan secara daring dari rumah, sehingga membutuhkan pulsa dan internet. Kondisi ini ditangkap sebagai peluang oleh Andika dan Dewi, pasangan suami istri yang pada saat pandemi terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Keduanya melihat banyak tetangga sekitar, yang bekerja dari rumah dan anaknya sekolah dari rumah, membutuhkan pulsa dan paket data. Untuk itu mereka pun memutuskan membuka kios pulsa dan paket data bernama Dea Cell—terinspirasi dari nama anaknya.

Andika dan Dewi pun sementara bisa bertahan hidup di tengah kesulitan selama pandemi dari berjualan produk digital. Seiring berjalannya waktu, Andika dan Dewi menemukan peluang penghasilan baru dari menjadi Mitra Shopee.

Mereka menuturkan bahwa berjualan lewat Mitra Shopee jauh lebih mudah dan menguntungkan. Jika biasanya pemilik kios pulsa harus menaruh deposit awal dan datang ke distributor pulsa, dengan layanan Mitra Shopee, semuanya bisa dilakukan hanya dalam genggaman.

“Saat harus kehilangan pekerjaan, kami merasa mengalami tekanan yang sangat berat dan berusaha memutar otak agar bisa tetap berjuang tinggal di Ibu Kota tanpa pekerjaan. Beruntung kami bisa bergabung menjadi Mitra Shopee. Selain mudah, harga produk digitalnya juga murah, sehingga yang masuk untungnya lebih banyak,” ujar Andika.

Kini pasangan tersebut sudah menjalankan usahanya selama 6 bulan lebih. Berbagai manfaat positif mereka rasakan di tengah situasi yang tidak menentu saat ini. Walaupun belum bisa mendapat pekerjaan tetap, dalam sehari Andika dan Dewi bisa mengantongi ratusan ribu dari hasil menjual pulsa dan paket data.

“Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa serba sulit ini,” ujarnya.

Andika dan Dewi pun berbagi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk para pemula yang ingin berjualan produk digital:

1. Pilih aplikasi dan layanan yang bisa beri untung
Saat ini banyak terdapat aplikasi dan layanan yang menawarkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menjual produk digital. Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah menyeleksi aplikasi yang lebih mudah, cepat, dan pastinya bikin untung.

2. Buat strategi untuk promosi
Untuk bisa dikenal banyak pelanggan atau konsumen, kita harus aktif berpromosi tentang produk yang kita jual. Hal itu pun yang dilakukan Andika dan Dewi. Mereka tak segan mempromosikan jualan mereka ke tetangga sekitar, baik secara langsung saat bertemu maupun melalui WhatsApp dan media sosial. Dengan begitu, saat tetangga ingin membeli pulsa, paket data atau produk digital lainnya, mereka langsung teringat kios Andika dan Dewi.

3. Jalin kepercayaan, jual produk dengan harga terjangkau
Bisnis pulsa dan paket data adalah sebuah bisnis dengan perputaran modal yang relatif cepat. Biasanya pembeli pun akan terus membeli di tempat yang harganya lebih murah. Sebaiknya, hindari ambil untung terlalu besar. Untuk menentukan harga, jangan lupa survei harga di lingkungan sekitar sehingga kita bisa memberikan yang kompetitif dan pelanggan lebih setia.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Suka Makan Kol Goreng? Perhatikan Dampak Buruknya

BERIKUTNYA

3 Gim Favorit Penggemar Esports di Indonesia, Apa Saja?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: