Rima Melati dan cucu. (Sumber gambar: Instagram/Marisa Tumbuan)

Nama Panggung dari Sukarno hingga Grup Baby Dolls, Simak 5 Fakta Menarik Rima Melati

24 June 2022   |   13:15 WIB

Selain berbagai film dan sinetron ikonik yang pernah dibintangi oleh Rima Melati, aktris senior keturunan Belanda dan Minahasa ini juga dikenal dengan beberapa cerita menarik yang terjadi semasa hidupnya. 

Istri dari mendiang aktor Frans Tumbuan ini telah dikenal sebagai model pada awal kariernya, kemudian hingga saat ini dikenal sebagai aktris papan atas. Salah satu kisah menariknya adalah dia pernah menjadi penyintas kanker payudara pada 1989 dan dinyatakan membaik sejak 2015.

Mulai dari cerita di balik nama panggung hingga hubungannya dengan sejumlah nama-nama terkenal, yuk simak beberapa fakta menarik dari mendiang Rima Melati.

Baca juga3 Film Legendaris yang Sukses Dibintangi Rima Melati


1. Nama Panggung dari Presiden Sukarno

Bernama asli Marjolien Tambajong atau akrab dipanggil Lientje, nama Rima Melati didapat dari kombinasi dua nama berbeda. Nama Rima berasal dari tokoh Rima the Bad Girl dari film Green Mansions, di mana nama ini kemudian digunakan pada anak keduanya yang sudah meninggal sebelum dilahirkan.

Nama ini kemudian digabungkan dengan kata Melati oleh Bung Karno pada 1960an. Alasan penggunaan nama ini adalah karena presiden pertama Republik Indonesia itu kurang menyukai hal-hal yang dirasa terlalu Barat, termasuk nama-nama orang yang dikenalnya.
 

2. Dijodohkan oleh mendiang Frans Tumbuan sejak usia muda

Kisah pertemuan Rima Melati dan Frans Tumbuan tidak lepas dari kisah 'perjodohan' yang dilakukan orang tua mereka sejak usia mereka masih satu tahun. Kisah ini sebenarnya hanya merujuk pada kedua orang tua mereka yang sempat mengatakan bahwa keduanya cocok jika bersama suatu hari nanti.

Meski tidak langsung terwujud, Rima Melati dan Frans Tumbuan akhirnya menikah pada Desember 1973 dan dikaruniai tujuh orang anak. Sebelumnya, Rima juga pernah menikah dengan Ir. Herwindo dan vakum selama beberapa tahun dari industri hiburan, hingga berpisah dan kembali beraktivitas pada 1970an.
 

3. Pernah main film bersama dengan mendiang Benyamin Sueb

Rima Melati dan Benyamin Sueb bertemu dalam proyek film Intan Berduri (1972), di mana keduanya merupakan pemeran utama dalam film komedi yang digarap sutradara Turino Djunaidy tersebut. Rima berperan sebagai Saleha, istri dari Jamal yang diperankan Benyamin.

Baca jugaSelain Intan Berduri, Berikut Sederet Film Terbaik Rima Melati yang Menang Penghargaan

Intan Berduri dinilai sebagai film ikonik keduanya karena menggabungkan citra Rima Melati yang cenderung sering bermain serius dengan Benyamin Sueb yang terbiasa bermain dalam film-film yang lucu. Tidak hanya itu, film ini juga memberi hiburan dengan kisah pasangan suami istri yang menemukan sebuah barang yang diklaim sebagai intan dan menjadi kaya raya.

Baca jugaNostalgia Karya Sinema Ikonik yang dibintangi Mieke Wijaya
 

4. Punya grup menyanyi Baby Dolls

Tahun 1960an, Rima Melati dan tiga orang lainnya membentuk sebuah grup vokal bernama Baby Dolls. Selain Rima, anggotanya terdiri dari Baby Huwae, Gaby Mambo, dan Indriati Iskak yang sama-sama terkenal pada era 1960an.

Melansir unggahan Instagram @babyhuwae pada 2021, dia bercerita bahwa Baby Dolls sempat menyanyi keliling Indonesia dan luar negeri. Meski tidak banyak kisah terkait pembentukan kuartet ini, hal yang juga sempat beredar adalah nama grup ini diganti menjadi Boneka Dara karena alasan yang sama dengan penggantian nama Rima Melati dari nama aslinya.
 

5. Pernah sekelas dengan mendiang Gus Dur

Tidak banyak informasi yang beredar mengenai fakta ini, tapi Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid yang merupakan putri sulung Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menulis sebuah fakta menarik dalam cuitannya, Kamis (23/6/2022).

"Bu Rima Melati pernah sebangku dengan Gus Dur saat masih kelas 1 SMP. Tapi lalu Gus Dur tinggal kelas karena bolos melulu buat nonton di Megaria," tulisnya setelah mengucapkan belasungkawa kepada mendiang Rima Melati.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Berkreasi dengan Furnitur Unik Multifungsi

BERIKUTNYA

Segera Tayang, Rumah Produksi Dee Company Rilis Teaser Poster Film Mumun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: