Mieke Wijaya (kanan) dalam film Tiga Dara. (Sumber gambar: PERFINI)

Nostalgia Karya Sinema Ikonik yang dibintangi Mieke Wijaya

04 May 2022   |   12:10 WIB

Mieke Wijaya dikenal sebagai aktris senior Indonesia yang serba bisa karena perannya dalam berbagai macam film dan serial jadul Indonesia. Setidaknya, dirinya tercatat telah membintangi lebih dari 70 judul film dan serial selama berkarier sebagai aktris.

Sebagian besar film dan serial yang ikonik dari Mieke adalah serial dan film jadul yang hadir sebelum tahun 2000an. Bagi Genhype yang ingin mengetahui perkembangan karier mendiang Mieke, yuk intip beberapa judul film dan serial ini.


1. Tiga Dara (1956)

Tiga Dara. (Sumber gambar: PT Perfini FIlms)

Tiga Dara. (Sumber gambar: PT Perfini FIlms)

 
Film musikal komedi ini bercerita tentang tiga orang saudara, yaitu Nunung, Nana, dan Nenny yang dirawat oleh nenek mereka di Jakarta setelah ibu mereka meninggal dan ayah mereka sibuk dengan pekerjaannya. Sang nenek khawatir dengan Nunung yang jarang bergaul dan belum tertarik untuk menikah.

Film ini berdampak positif setelah perilisannya, di mana film ini sempat diundang ke Festival Film Venesia 1959 dan memenangkan penghargaan Tata Musik Terbaik di Festival Film Indonesia 1960. Bahkan, film ini masih menjadi salah satu film klasik dengan tema yang masih relevan hingga saat ini.

Pada 2016, film ini direstorasi oleh SA Films ke dalam format 4K dan bisa disaksikan ulang melalui layanan streaming berbayar seperti Bioskop Online.


2. Gadis Kerudung Putih (1966)

Film karya sutradara Djamal Harputra ini berhasil meraih penghargaan Pekan Apresiasi Film Nasional 1967 untuk Pemeran Utama Wanita yakni Mieke Wijaya. Film ini juga dibintangi oleh Dicky Zulkarnaen dan Rachmat Hidayat. Sayangnya, tidak banyak arsip dalam bentuk teks maupun audio visual yang bisa diakses untuk umum.


3. Kembang Semusim (1980)

 
 
Film drama yang rilis pada 1980 ini bercerita tentang Farida yang menikah lagi dengan Wijaya, duda dengan dua anak, setelah bercerai dengan suaminya dan melahirkan seorang anak bernama Mirna. Mirna kemudian dibesarkan di rumah neneknya dan memiliki keinginan untuk bertemu ibunya.

Sayangnya, Mirna telah dijemput oleh ibunya di bandara sehingga membuat Mirna yang datang mendadak ke rumah Farida mengetahui banyak masalah di rumah tersebut, mulai dari sang ayah yang tengah memiliki masalah bisnis hingga saudara tirinya, Macan, yang cacat kaki.


4. Boni & Nancy (1974)

Boni dan Nancy. (Sumber gambar: PT Sugar Indah Film)

Boni dan Nancy. (Sumber gambar: PT Sugar Indah Film)

 
Rilis pada 1974, film drama keluarga ini menghadirkan Mieke dan suaminya, Dicky Zulkarnaen serta Astri Ivo. Kisahnya sendiri berfokus pada Boni yang diculik karena sopirnya telat menjemputnya di sekolah. Dia kemudian diselamatkan oleh Nancy, anjing peliharaan orang tuanya sekaligus teman kesayangannya.


5. Srigala (1981)

Srigala. (Sumber gambar: Rapi Films)

Srigala. (Sumber gambar: Rapi Films)

Tayang pada tahun 1981, film garapan sutradara Sisworo Gautama Putra ini bercerita tentang para pemburu harta karun bernama Caroko, Johan, dan Tommy yang berusaha mencari harta karun di dalam sebuah tempat wisata zaman penjajahan Belanda yang sudah terbengkalai. Mereka kemudian bertemu dengan tiga orang pecinta alam dan seorang janda yang tahu persis letak harta karun tersebut.

Meski Mieke tidak memainkan peran utama, film ini ikonik karena menjadi salah satu film jagal klasik yang mempengaruhi berbagai film serupa di Indonesia.


6. Losmen/Penginapan Bu Broto (1987)

Losmen. (Sumber gambar TVRI/Tobali Indah Film)

Losmen. (Sumber gambar TVRI/Tobali Indah Film)

Serial televisi produksi TVRI pada taun 1980an ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari keluarga Broto dalam mengurus losmen atau penginapan milik mereka. Berawal dari bisnis mereka yang belum berjalan mulus, losmen ini kemudian menarik para pengunjung karena keramahtamahan pengelola dan stafnya.

Losmen menjadi serial yang menarik perhatian karena kisahnya yang relevan dengan masyarakat Indonesia karena beberapa kisah kehidupan pengelola losmen yang menarik dan kisah perjuangan setiap anggota keluarga Broto dalam beberapa hal, misalnya masa depan setelah lulus kuliah dan kehidupan keluarga yang berujung cerai.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Cara Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Libur Lebaran

BERIKUTNYA

Libur Lebaran di Jakarta? Yuk Keliling Kota Naik Bus Wisata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: