Barsena (Sumber gambar: Shopee)

5 Kiat Bikin Konten Musik yang Berkualitas dari Rumah

24 June 2022   |   10:30 WIB

Seiring dengan berkembangnya teknologi, membuat karya menjadi lebih mudah dilakukan, salah satunya konten musik digital. Banyak hal dapat dilakukan guna menghasilkan konten musik yang bagus dan berkualitas, mulai dari rutin berlatih, rajin mengasah dan kulik teknik baru, hingga penggunaan peralatan yang mumpuni.

Salah satu musisi yang kerap membuat karya musik dari rumah adalah Barsena. Sebelum membuat musik, dia kerap scrolling media sosial untuk mengetahui tren apa yang sedang booming dan diminati oleh masyarakat. Tetapi, dia juga mengaku tak jarang karya-karya yang dihasilkannya merupakan murni dari apa yang sedang dia sukai.

"Sebelum menulis lagu, hal pertama yang saya lakukan adalah mencari ide dan mematangkan konsep, baru setelah itu membuat aransemen dan proses recording music atau video," kata Barsena dalam rilis pers yang diterima Hypeabis.id, Jumat (24/6/2022).

Baca jugaTernyata, Ini Kategori Konten YouTube yang Paling Populer

Dia pun menambahkan selama proses membuat musik, selain membutuhkan kreativitas, perlu juga didukung oleh alat-alat yang mumpuni seperti mic condenser, speaker dan lain sebagainya untuk memastikan karya yang kita hasilkan berkualitas dan layak untuk didengar.

Buat kalian yang gemar membuat konten musik digital dari rumah, berikut adalah 5 kiat dari Barsena agar konten kalian maksimal dan berkualitas.
 

1. Pastikan suara jernih

Dalam membuat karya atau konten musik khususnya ketika kalian melakukan cover lagu dan bernyanyi, suara tentu menjadi pusat perhatian para pendengar. Kalian bisa menggunakan mic condenser untuk memastikan suara vokal atau instrumen live dapat terekam dengan lebih jernih dan layak, untuk kemudian bisa diproses lebih lanjut.

Jangan lupa, kalian juga bisa meletakkan pop filter di dekat microphone untuk menyaring suara desisan atau angin yang timbul saat  bernyanyi. 

Baca juga4 Tips Bikin Konten Biar Dapat Reach Maksimal


2. Gunakan earphone atau headphone 

Selama melakukan rekaman, kalian juga perlu mendengarkan iringan musik agar suara yang dikeluarkan tetap selaras dengan ketukan dan iringan lagu. Kalian bisa menggunakan earphone atau headphone. Selain untuk membantu memonitor suara saat rekaman, penggunaan earphone atau headphone juga bisa membantu kalian lebih fokus dan terhindar dari gangguan suara di luar.
 

Mini studio milik Barsena di rumah (Sumber gambar: Shopee)

Mini studio milik Barsena di rumah (Sumber gambar: Shopee)


3. Gunakan kamera atau handphone untuk merekam video

Selain suara dan iringan musik, kalian juga bisa menampilkan wajah saat bernyanyi atau menggunakan gambar dan video lainnya yang cocok dengan lagu yang sedang dibawakan. Untuk merekam video yang akan disinkronisasikan dengan audio, kalian bisa menggunakan kamera.

Tidak harus mahal, kamera handphone pun bisa kalian gunakan untuk mulai berkarya di rumah dan menghasilkan berbagai konten musik yang bisa membantu mengembangkan talenta yang kamu miliki.
1
2


SEBELUMNYA

Merasa Tidak Cantik Bikin Rugi Diri Sendiri Lho!

BERIKUTNYA

Selain Intan Berduri, Berikut Sederet Film Terbaik Rima Melati yang Menang Penghargaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: