YouTube tawarkan beragam kategori konten di platformnya. (Sumber gambar: Unsplash/Charlesdeluvio)

Ternyata, Ini Kategori Konten YouTube yang Paling Populer 

03 June 2022   |   17:07 WIB

Menonton video YouTube sangat lah menyenangkan. Kemudahan akses, kaya fitur, dan ragam konten yang disuguhkan membuat pengalaman menikmati konten audio visual sangat mudah. Tak ayal bila platform ini digunakan oleh hampir semua pengguna ponsel dan internet di dunia. 

Faktanya, berdasarkan data Statista 2022 ada lebih dari 2,6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan layanan tersebut setidaknya sebulan sekali. Bahkan secara teknis YouTube merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah Google. 

Dari sisi pengguna, setiap harinya orang menonton lebih dari satu miliar jam video dan menghasilkan miliar penayangan. Sementara dari sisi kreatornya disebutkan bahwa ada 38 juta saluran atau kanal aktif di platform tersebut. 

Dari jutaan saluran yang ada, tentunya ada beragam juga kategori atau genre video yang dihasilkan. Beberapa di antaranya sangatlah populer sementara yang lainnya tidak memiliki kinerja yang terlalu baik. Dirangkum Hypeabis.id berikut ini adalah beberapa kategori video YouTube yang paling populer :
 
Baca Juga : YouTube Mulai Uji Coba Fitur Membership Gifting Mirip Twitch 
 

1. Product Review 

Video ulasan produk (product review) adalah video di mana kreator menguji produk lalu memberikan gambaran untuk tentang spesifikasi dan pengalaman mereka terkait dengan produk tersebut. Ini merupakan salah satu video paling banyak ditonton. 

Think With Google—layanan riset dan wawasan (insight) dari Google—memperkirakan bahwa sekitar video ulasan produk di platform yang telah ditonton dalam dua tahun terakhir mencapai waktu yang setara dengan 50.000 tahun. 
 

2. How-to 

Konten video How-to umumnya dibuat oleh Youtuber yang ahli dalam bidang tertentu. Topiknya bisa sangat beragam mulai dari fotografi hingga materi pembelajaran matematika. Ini memberikan penggunanya pengetahuan tentang bagaimana melakukan hal tertentu dari yang basic hingga advance

Menariknya, Think With Google memperkirakan bahwa pengguna platform itu tiga kali lebih mungkin untuk menonton video How-to atau tutorial di YouTube, ketimbang membaca instruksi produk yang dilampirkan dalam boks pembelian. 
 

3. Vlog 

Konten vlog atau video blog masih masuk dalam jajaran konten populer di YouTube. Format ini umumnya menampilkan si empunya kanal yang berbicara di depan kamera tentang topik tertentu atau mengenai aktivitas kesehariannya. 

Kepopuleran bentuk konten ini terbukti dengan munculnya nama-nama besar yang kita kenal di belantika YouTube global seperti PewDiePie atau Felix Kjellberg, Casey Neistat, hingga Nastya. Di Indonesia, kita juga mengenal nama-nama besar seperti Arief Muhammad, Ria Ricis, Atta Halilintar, dan masih banyak lagi. 

Editor : Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Trik Menata Kamar Tidur dengan Gaya Minimalis

BERIKUTNYA

Rumah Mode Tommy Hilfiger Masuk ke Dunia Roblox

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: