Kolaborasi adalah sahabat seniman dalam ekonomi musik saat ini. (Dok. Suara Disko)

2021 Eranya Kolaborasi Musisi

03 June 2021   |   17:42 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kolaborasi musik adalah ketika dua atau lebih kreatif berkumpul untuk menghasilkan proyek musik.

Kemitraan kolaboratif dapat terjadi pada berbagai tahap proses kreatif. Ini adalah salah satu kekuatan kreatif paling signifikan yang mendorong musik saat ini.

Kolaborasi musik adalah keterampilan penting yang harus dipertimbangkan semua musisi.

Sebagai seorang seniman, penting untuk memahami nilai kolaborasi musik dan keuntungan yang ditawarkan keterampilan ini.

Tidak terbatas di ranah musik saja, berkolaborasi dengan seniman di bidang lain juga akan menguntungkan musisi dalam banyak hal selain membuat karya musik yang hebat.

Kolaborasi dapat membantu mengembangkan pengetahuan musik, memperluas basis penggemar, meningkatkan eksposur, membuka peluang, dan tentunya memajukan karir seorang musisi di industri musik.

Suka tidak suka, pandemi justru membawa gelombang baru ide kolaborasi antara pencipta lagu dan musisi.

Di barat kita punya Bruno Mars, Anderson .Paak dan Silk Sonic dengan lagu Leave the Door Open serta Doja Cat dan single terbarunya Kiss Me More yang menampilkan penyanyi SZA.

Dengan pertumbuhan hallyu yang semakin masif, kita telah melihat kolaborasi antara idola K-Pop dan musisi asing terus tumbuh dan tidak berbatas.

Contohnya, baru-baru ini Young K, member band asal Korea Selatan, Day6, merilis lagu yang merupakan proyek kolaborasi dengan band pop rock asal Filipina, Ben&Ben, berjudul Leaves.

Adapun di Indonesia, dengan kolaborasi sekarang makin mantap diaplikasikan sebagai strategi sukses musisi untuk tetap hidup dan berkreasi, 2021 tampaknya akan menjadi eranya musik kolaborasi.

Sepanjang tahun ini kita kembali disuguhi dengan beberapa hits, seperti

1. Diskoria, Laleilmanino, Eva Celia - C.H.R.I.S.Y.E


C.H.R.I.S.Y.E. sebuah karya kolaborasi Diskoria, trio produser Laleilmanino dan Eva Celia yang lahir dari sebuah proyek eksperimen audio visual, Studio Pop Show. Lagu dengan nada serasa mengajak pendengarnya untuk ikut berjoget ini dengan cepat jadi hits di berbagai chart dalam negeri.

Kolaborasi ini melahirkan lagu bernuansa city pop khas 1970-an dengan nilai unik yang terdapat pada liriknya. GenHype ada yang udah tahu belum kalau lirik lagu ini adalah gabungan dari beberapa lagu yang pernah dirilis oleh almarhum Chrisye sebelumnya? 

2. Afgan, Jackson Wang - M.I.A


Kolaborasi satu ini sempat bikin kaget fans Afgan dan Jackson Wang yang merupakan salah satu anggota boyband asal Korea Selatan, GOT7. 

Di lagu ini kita bisa melihat sisi musikalitas Afgan di genre hip-hop yang mungkin belum pernah ditunjukkan sebelumnya.

Usut punya usut, ternyata kedua musisi ini pertama kali bertemu tahun 2019 saat menjadi pengisi acara musik. Dari sana, ide untuk berkolaborasi pun datang, apalagi ternyata Afgan mengidolakan Jackson.

3. NOAH, BCL - Mencari Cinta
 
Kolaborasi antara dua musisi lokal ini jadi yang paling ditunggu-tunggu. Lagu Mencari Cinta adalah satu dari delapan track dari album NOAH yang dirilis pada 2019 lalu bertajuk Keterkaitan Keterikatan.

Lagu ini dinyanyikan kembali dengan format duet antara Ariel NOAH dengan Bunga Citra Lestari.


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Awas Cedera, Perhatikan Posisi Tubuh Saat Bersepeda

BERIKUTNYA

Memadukan Susu Dengan Makanan Lain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: