Laptop Asus ROG Zephyrus Duo 16 (Sumber gambar: Asus)

Cek Spesifikasi Lengkap & Harga Asus ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Gaming Berlayar Ganda

21 June 2022   |   11:34 WIB

Perusahaan elektronik Asus akhirnya memboyong laptop khusus gim (gaming laptop) layar ganda terbarunya, ROG Zephyrus Duo 16 (GX650) ke Indonesia. Perangkat anyar itu dirancang untuk para pemain gim garis keras hingga konten kreator. 

Asus Southeast Asia Regional Director, Jimmy Lin, mengatakan bahwa berbeda dengan dengan kebanyakan laptop gim lainnya, produk anyar perusahaan itu hadir dengan layar ganda untuk bidang ruang yang lebih luas. 

“ROG Zephyrus Duo 16 dirancang untuk menaklukkan semuanya. Tidak hanya untuk gamers, tapi juga untuk para content creator khususnya para game streamer,” katanya. 

Baca Juga : Kenalan dengan Laptop Gaming Asus ROG Strix Scar 17 & ROG Flow 16 


Layar 

Sebagaimana namanya, laptop ini punya dua layar. Layar utamanya berukuran 16 inci resolusi WQXGA rasio 16:10 yang konfigurasi ini belakangan mulai banyak dipakai. Perangkat juga telah hadir dengan ROG Nebula HDR yang mengedepankan kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. 

Konfigurasinya adalah color gamut 100 persen DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 1100 nits, fitur adaptive sync, dan memiliki response time 3ms. Sejumlah sertifikat juga telah diamankan seperti Pantone Validated Display, TUV Rheinland, dan Dolby Vision. 

Layar keduanya yang disebut sebagai ROG ScreenPad Plus berukuran 14,1 inci dengan resolusi hingga 4K. Layar kecil di bagian atas papan tik ini bisa digunakan untuk berbagai skenario. Misalnya untuk mengakses aplikasi lain tanpa menutup permainan di layar utama. 

Layar tambahan ini juga hadir dengan mekanisme yang dirancang khusus, di mana ketika layar utama dibuka, layar kedua akan mengangkat dan bergeser ke arah yang pas dengan pandangan mata ke layar utama. Fitur ini merupakan bagian menarik dari seri Asus Duo.

Baca Juga : Konsep Unik Laptop Gaming Pertama dari Corsair 
 

Dapur Pacu 

Beralih ke bagian dapur pacunya. Asus Zephyrus Duo 16 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series, dan menjadi salah satu laptop pionir yang membawa prosesor seri terbaru itu ke pasar dalam negeri. Sementara itu, pilihan kartu grafisnya bisa hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. 

Kombinasi prosesor dan kartu grafis kelas atas itu memungkinkan gamers untuk memainkan judul gim populer, kompetisi, atau bahkan triple A/AAA dengan mulus. Begitu juga untuk keperluan membuka aplikasi penunjang pembuatan konten. 

Bagian dapur pacunya dilengkapi dengan memori DDR5 4800MHz yang dapat ditingkatkan hingga 64GB. Ditambah lagi dengan penyimpanan PCle 4.0 SSD yang dapat dikonfigurasi pada mode Raid untuk performa yang lebih mumpuni. 

Komponen kinerjanya juga ditopang dengan sistem pendingin anyar bernama Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal, yang memiliki tingkat hamparan panas hingga 17 kali lebih tinggi ketimbang sistem termal biasa. 

Baca Juga : Mengintip 5 Laptop Termahal di Dunia 


Harga 

Asus membanderol laptop gim layar ganda terbarunya itu dengan harga bervariasi sesuai dengan konfigurasi yang diiginkan oleh pengguna (pilihan prosesor, layar, dan kartu grafis). Rentang harga yang ditawarkan berkisar antara Rp39,99 juta untuk spesifikasi normal hingga Rp76,99 juta untuk spek paling gaharnya. 

Perusahaan juga menggelar promosi hingga 30 Juni 2022, di mana setiap pembelian laptop Asus dengan prosesor AMD Ryzen 6000 Series mobile akan mendapatkan cinderamata. Mulai dari ROG Jacket, ROG T-Shirt, atau gaming pad

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Cek Tipe & Harga Mobil Hyundai Stargazer yang Dirancang Khusus untuk Konsumen Indonesia

BERIKUTNYA

Bukan Multitasking, Ini 5 Tip Agar Kerja Lebih Produktif dan Tidak Stres

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: