Koleksi lukisan pemandangan alam buatan Susilo Bambang Yudhoyono. (Sumber gambar: Instagram/@aniyudhoyono)

Lukisan Pemandangan Alam Karya SBY Kian Bertambah, Yuk Cek Koleksinya

19 June 2022   |   12:21 WIB

Selama masa pandemi, mantan presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mulai memiliki kegemaran baru selain menyanyi. Kegemarannya terhadap melukis telah ditekuni sejak 2021, tepatnya sekitar satu tahun setelah meninggalnya Ani Yudhoyono, sang istri tercinta.

Identik dengan lukisan pemandangan alam, baru-baru ini pada Jumat (17/6/2022), politikus yang disapa dengan singkatan SBY itu mempertontonkan lukisan terbarunya yang baru saja diselesaikannya. Tanpa judul yang rinci, lukisan ini menunjukkan pemandangan indah dari Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat.

Baca juga: Susilo Bambang Yudhoyono Pamerkan Karya Lukis, Panorama Pacitan Jadi Inspirasi

Dengan dimensi kanvas 1,4 meter x 2,5 meter dan menggunakan cat akrilik, dia bercerita dalam unggahannya di Instagramnya bahwa dia mengerjakan lukisan ini selama beberapa hari dan mengatakan bahwa lukisan ini menjadi tantangan tersendiri dibandingkan dengan beberapa lukisan sebelumnya.
 

Selain lukisan Grand Canyon yang dibuatnya pada pekan ini, yuk intip beberapa lukisan ikoniknya yang tercipta selama hampir satu tahun terakhir.

 

1. Lukisan pemandangan pantai Teluk Pacitan

 

Pacitan sering menjadi salah satu destinasi dari objek pemandangan alam dalam beberapa lukisan dari mantan Ketua Umum Partai Demokrat periode 2013-2015. Dua di antaranya adalah lukisan yang dibuatnya dengan mengambil referensi Teluk Pacitan, Jawa Timur. 

Hasilnya, tercipta dua lukisan yang dibuat dengan menunjukkan keindahan tebing, ombak, hingga batu karang di atas kanvas berukuran 80 cm x 130 cm. Kala itu, dia tidak sendirian karena beberapa pelukis dan budayawan lokal di Pancer Door juga melakukan kegiatan serupa.
 

2. Lukisan serangan militer di kota

 

Meski pemandangan alam sering menjadi ciri khas dalam kekaryaannya, dia juga memiliki beberapa lukisan yang tidak berkaitan dengan alam. Salah satunya adalah lukisan serangan militer di sebuah kota yang tidak memiliki judul dan dibuat pada Maret 2022. Diunggah dalam media sosialnya, dia membagikan cerita tentang perspektifnya terhadap perdamaian dan peperangan.
 

3. Lukisan Mengenang

 

Selain alam, tema lain yang sering dibawakan oleh pemilik klub bola voli Bogor Lavani ini adalah kenangan dan memori. Lukisan terbaru dengan tema ini adalah Mengenang yang dibuat pada Februari 2022. Dalam unggahannya, dia menceritakan bahwa lukisan ini dibuat bertepatan dengan 1000 hari berpulangnya mendiang Ani Yudhoyono pada 25 Februari 2022.

"Alhamdulillah, lukisan yang merupakan ekspresi perasaan hati saya ini, sungguh membawa kedamaian," tulis SBY.
1
2


SEBELUMNYA

Kenalan dengan Tren Fesyen Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi

BERIKUTNYA

Asosiasi Serikat Pekerja Usul Penambahan Cuti Melahirkan Bagi Ibu dan Ayah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: