Kolase Exquisite Corpse. (Dok. Ian Wilkins dari akun @iawilko)

Yuk Coba Prakarya Exquisite Corpse, Kolase Seni Surealis dari Potongan Gambar

22 July 2021   |   16:26 WIB

Like
Masa-masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM membuat Genhype tentu ingin mencoba berbagai hal baru untuk mengurangi stres tetapi tetap bisa mengasah kreativitas. Salah satunya adalah membuat prakarya dari barang-barang yang ada di rumah.

Berkarya seni seperti halnya melukis dan membuat gelang manik yang populer selama masa pandemi tentu sangat mengasyikan. Nah, kali ini Hypeabis.id ingin mengenalkan Genhype dengan satu karya kolase yang bisa dibuat dengan berbagai barang yang mudah didapat bernama Exquisite Corpse.

Teknik Cadarve Exquis atau yang dikenal sebagai Exquisite Corpse merupakan istilah untuk menyebut karya seni kolaboratif yang berkonsep surealis untuk menciptakan gambar yang unik dan intuitif. Melansir situs galeri seni Tate Modern, Exquisite Corpse pertama kali digagas oleh seniman surealis Yves Tanguy, Jacques Prévert, André Breton, dan Marcel Duchamp pada 1925 di Prancis.

Penemuannya berawal ketika mereka bermain permainan 'le cadavre exquis boira le vin nouveau' yang diartikan sebagai 'mayat yang indah akan minum anggur baru'. Berakar dari sejarah tersebut, Exquisite Corpse memiliki ciri khas berupa pembuatannya yang kolaboratif, di mana setiap orang akan mengisi salah satu dari tiga bagian yang membentuk satu kesatuan ketika semuanya digabung.

 

Tiga karya kolase Exquisite Corpses di galeri seni Guardino Gallery. Kiri ke kanan: Hybrid Hands Waggle milik Dave Benz, Close Dyad Rolling milik Nanette Wallace dan Walloping Box Sail milik Karen Wippich. (Dok. Guardino Gallery)

Tiga karya kolase Exquisite Corpses di galeri seni Guardino Gallery. Kiri ke kanan: Hybrid Hands Waggle milik Dave Benz, Close Dyad Rolling milik Nanette Wallace dan Walloping Box Sail milik Karen Wippich. (Dok. Guardino Gallery)


Jika Exquisite Corpse biasanya diaplikasikan pada gambar tangan, maka kali ini Exquisite Corpse diaplikasikan pada kolase yang lebih mudah dibuat dan bisa dilakukan bersama keluarga atau teman. 




 
1
2


SEBELUMNYA

Kocaknya Changbin Stray Kids dalam Trailer Comeback ‘NOEASY’

BERIKUTNYA

Menjajal Ugreen Hi Tune X5, TWS Ratusan Ribu dengan Desain Eksklusif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: