Susilo Bambang Yudhoyono dengan lukisannya berjudul Debur Ombak di Pantai Pacitan. (Dok. Twitter Jansen Sitindaon)

Susilo Bambang Yudhoyono Pamerkan Karya Lukis, Panorama Pacitan Jadi Inspirasi

07 August 2021   |   20:41 WIB

Selama masa pandemi, Presiden Republik Indonesia Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menyibukkan diri dengan melatih keterampilan melukis. Baru-baru ini, akun Twitter Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon menunjukkan salah satu lukisan terbaru hasil karya Pak SBY.

Dilukis di atas kanvas berukuran 60 x 90 dengan media cat akrilik, Pak SBY berpose di samping lukisan pemandangan pantai yang dia beri nama Debur Ombak di Pantai Pacitan. Menurut Jansen, sejak menekuni hobi melukis, mantan presiden itu memang banyak mengambil inspirasi dari pemandangan alam kota kelahirannya, Pacitan.

Pemandangan alam tampaknya menjadi spesialisasi Pak SBY, nih GenHype. Selain pemandangan pantai, beliau juga senang melukis pemandangan pedesaan dan pegunungan, seperti lukisan Gunung Merapi.

 

Ini bukan pertama kalinya Pak SBY menunjukkan kebolehannya berkarya di atas kanvas. Beberapa waktu lalu, melalui akun Instagram menantunya Annisa Pohan, netizen mendapatkan berkesempatan untuk melihat-lihat studio seni yang diberi nama SBY Art Studio.

Meskipun tidak begitu luas, studio ini memiliki semua yang dibutuhkan seorang pelukis untuk berkarya. Studio berbentuk hexagon itu memiliki kaca di setiap sisinya sebagai sumber cahaya alami. Selain itu, beberapa hasil karyanya yang terdahulu juga dipajang di depan jendela dan digantung di dinding.

Dalam mini-tur itu, Anissa mengungkapkan bahwa Pak SBY biasanya mulai melukis sehabis salat subuh dan setiap harinya dia bisa menghabiskan waktu hingga enam jam untuk melukis. Pak SBY juga mendedikasikan sebuah lukisan pemandangan untuk memperingati hari lahir mendiang istri, almarhumah Ani Yudhyono, pada 6 Juli lalu.


 



Editor: Roni Yunianto


 
SEBELUMNYA

Wah, Masih Ada 19 Film DCEU yang Akan Dirilis Setelah The Suicide Squad

BERIKUTNYA

Pengembang Game Lokal Lokapala Gaet Penyanyi Jinan Laetitia Rilis Skin Anyar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: