Ilustrasi gaya pakaian pada tren cewek kue, cewek mamba, dan cewek bumi. (Sumber gambar: Unsplash)

Kenalan dengan Tren Fesyen Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi

19 June 2022   |   09:55 WIB

Like
Belakangan ini, pengguna media sosial TikTok tengah ramai menampilkan tren fesyen yang viral di kalangan perempuan dengan sebutan cewek kue, cewek mamba, dan cewek bumi. Sebutan ini dipopulerkan oleh pengguna dengan handle @javamassie beberapa pekan lalu.

Dalam video berdurasi 38 detik yang diunggah pada pertengahan Mei 2022, dia menggambarkan definisi cewek kue sebagai perempuan yang kerap kali mengenakan pakaian berwarna-warni, baik warna pastel maupun warna terang. Secara umum, ciri-cirinya identik dengan kombinasi color blocking yang harmonis atau serupa dengan warna kue.

Baca juga: 5 Tips Memilih Pakaian dengan Perpaduan Warna Sage Green

Tidak hanya itu, alas kaki yang dikenakan oleh cewek kue merupakan sandal atau sepatu berwarna terang seperti putih, ungu lilac, dan warna lainnya yang bukan warna hitam. Sandal ini bervariasi dari sandal biasa seperti flats, wedge sandals, sampai sandal platform.

Serupa dengan pakaiannya, aksesoris seperti tas berwarna senada juga menjadi ciri khas dari cewek kue. Contoh tas yang sering dikenakan adalah shoulder bag, handbag, baguette bag, saddle bag, satchel, dan minaudière (sejenis clutch atau evening bag berukuran kecil).
 
@javamassie Reply to @urmombackflip ini loh kaya gini kurang lebih cewe kue yang gue maksud kaya ka @Alayya notashu ?????? ? CEWE KUEH - anooo????

Tidak lama setelah itu, pengguna yang memiliki beberapa konten sebagai barista itu juga mengunggah istilah cewek mamba. Berbeda dengan cewek kue, dia menggambarkan tren ini sebagai gaya berpakaian yang cenderung simpel dengan dominasi warna hitam dalam pakaiannya.

Biasanya, gaya yang diadaptasi bervariasi dari street style yang cenderung simpel. Pakaiannya bisa berupa kemeja polos, kaos grafis, luaran, gaun atau terusan, celana pendek atau celana panjang, hingga sepatu platform seperti sneakers dan boots. Aksesoris pendukungnya bisa berupa kacamata hitam dan tas berwarna senada.
 
@javamassie Reply to @madoomentega ? Cewe Mamba - anooo????

Berdasarkan pantauan Hypeabis.id dalam sejumlah unggahan di Tiktok, cewek mamba biasanya memiliki spektrum gaya berpakaian yang lebih luas. Gayanya bervariasi dari grunge, sporty, feminin, semi-formal, hingga kasual.

Kunci utama dari pakaian yang identik dengan istilah ini ada pada warna hitam yang mendominasi atau adanya sebagian warna lain seperti putih atau warna serupa seperti krem dan warna gelap.
 
@javamassie Reply to @indahlksna ? original sound - anooo????

Terakhir, ada juga unggahan cewek bumi yang diunggah pada pekan ini. Identik dengan kesan yang lebih tenang dan estetik, cewek bumi menggunakan warna-warna yang lebih netral seperti cokelat, sage green, krem, beige, dan putih. Seragam dengan pakaiannya, aksesoris seperti tas juga akan menggunakan warna tersebut.

Baca juga: Layering hingga Aksen Romantis, Simak 6 Tren Modest Fashion 2022

Untuk jenis pakaiannya, biasanya beberapa pilihan yang bervariasi dari terusan atau dress, setelan jas, sampai pakaian yang umum seperti celana panjang, kardigan, blus, rok panjang, dan kaos. Spektrum gayanya biasanya bervariasi dari kasual hingga semi-formal dengan kombinasi warna yang konsisten dan harmonis.

Kira-kira gaya berpakaian mana yang paling cocok dengan Genhype?

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

5 Kiat Membuat Mezzanine di Rumah Mungil

BERIKUTNYA

Lukisan Pemandangan Alam Karya SBY Kian Bertambah, Yuk Cek Koleksinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: