Penting untuk memilih sofa yang nyaman. (Sumber gambar: Nathan Fertig/Unsplash)

Bukan Cuma Estetika! Ini 10 Jenis Sofa yang Nyaman Digunakan

15 June 2022   |   16:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sofa merupakan salah satu furniture pelengkap ruangan yang cukup vital dalam suatu rumah, terutama di ruang keluarga dan ruang tamu. Sofa menjadi tempat di mana banyak orang menghabiskan waktu bersama keluarganya, sehingga memilih sofa yang tepat menjadi penting.

Karena fungsinya yang cukup krusial dalam suatu ruangan, maka memilih sofa yang nyaman sangatlah penting. Kalian harus mengutamakan kenyamanan dibandingkan estetika dalam memilih sofa, meski tampilan juga penting bagi sebagian orang untuk memperindah ruangan.

(Baca juga: 7 Kiat Mendesain Ruang Tamu Skandinavia dengan Mudah)

Saat ini, sofa memiliki banyak jenisnya mulai dari bentuk, bahan dan fungsinya. Melansir dari Malinda Furniture Gallery, Rabu (15/6/2022) berikut adalah 10 jenis sofa ternyaman yang perlu kalian ketahui.


1.  Sectional Sofa

Sectional sofa adalah jenis sofa yang digabungkan dengan sofa yang lain. Dengan kata lain, Sectional sofa merupakan kombinasi dari 3-5 sofa yang digabungkan agar terlihat penataan tempat duduk ruang tamu yang menarik. Ukuran sofa yang dibuat harus sesuai dengan ruang tamu, sehingga semakin besar ruangan, akan lebih banyak sofa yang kalian butuhkan. Bentuk sectional sofa yang terkenal adalah L-Shape dan U-Shape.
 

2. The Classic Round Arm Sofa

Sofa yang juga dikenal dengan Grandma’s Couch ini mempunyai lengan berbentuk bulat klasik. Sofa klasik ini biasanya memiliki kualitas yang kuat, sehingga bisa bertahan sangat lama, bahkan sampai bertahun-tahun. Dahulu, sofa ini akan disertai dengan sarung atau pelapis bunga bermotif. Saat ini, hampir semua memakai linen putih dan fabric neutral yang membuat sofa ini terlihat mahal.
 

Ilustrasi sofa (Sumber gambar: Katja Rooke/Unsplash)

Ilustrasi sofa (Sumber gambar: Katja Rooke/Unsplash)


3. Lawson Style

Sofa satu ini dirancang untuk kenyamanan dan mempunyai bentuk tegas, berisi dan kokoh. Biasanya terdiri dari 3 dudukan dengan bantal punggung untuk masing-masing dudukan.

Bagian lengan atau armrest umumnya lebih rendah dari sandaran atau backrest dengan bentuk melingkar ataupun persegi. Lawson adalah jenis sofa terpopuler saat ini karena mempunyai karakter kasual, khas gaya desain American Style dan Lawson Style serta  mengedepankan kenyamanan. Kalian dapat membeli sofa bergaya Lawson dalam berbagai ukuran, warna dan bahan.


4. Loveseat

Sofa loveseat umumnya digunakan berbentuk lebih minimalis yang bisa digunakan maksimal untuk dua orang. Sofa satu ini cukup fleksibel untuk diletakkan di sudut ruangan yang sempit, yang dipasangkan dengan meja samping atau kursi lainnya.  


5. Cabriole

Cabriole merupakan salah satu sofa yang terkenal pada awal abad ke-18, tepatnya pada zaman Louis XV. Cabriole mempunyai karakter yang mempresentasikan ruang keluarga bergaya Prancis dan menampilkan kesan formal dan cantik pada ruangan.

Bentuk sofa cabriole ditandai dengan bingkai kayu terbuka yang umumnya diukir, serta bagian  punggung dan lengan sama tinggi yang bersambung berbentuk melengkung. Pada bagian bawahnya, berbentuk cekung sementara bagian atasnya cembung, serta tidak ada bantal belakang terpisah.  
1
2


SEBELUMNYA

Wow, Pengguna KRL Jabodetabek Capai Angka Tertinggi

BERIKUTNYA

Rekomendasi Hotel Dekat ICE BSD untuk Staycation, Kuy Lah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: