Wow, Pengguna KRL Jabodetabek Capai Angka Tertinggi
15 June 2022 |
17:00 WIB
Seiring dengan kembalinya aktivitas mayarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), pengguna harian kereta rel listrik (KRL) mengalami kenaikan, dan tembus mencapai 655.000 orang atau yang tertinggi sampai dengan Juni pada tahun ini.
Anne Purba, VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), menuturkan pengguna KRL di seluruh stasiun pada Senin (13/6/2022) dan Selasa (14/6/2022) masing-masing mencapai 655.638 dan 642.798 orang.
“Hari Senin merupakan jumlah volume pengguna harian tertinggi sampai dengan Juni ini,” katanya dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id.
Baca juga: KRL Mania, Begini Cara KAI Mengurangi Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai
Jumlah pengguna moda transportasi rel tersebut mengalami peningkatan sebesar 2 persen jika dibandingkan dengan volume pengguna pada Senin (6/6/2022), yakni 640.285 orang. Volume pengguna KRL pada Senin minggu, lanjutnya, lalu sempat menjadi yang tertinggi.
Baca juga: Mengeksplorasi Kota Naik Kereta? Siapa Takut!
Perusahaan, ujarnya, juga mencatat bahwa beberapa stasiun KRL di Jabodetabek ramai dengan pengguna KRL. Stasiun Tanah Abang, lanjutnya, mencatat terdapat volume pengguna sebanyak 37.490 orang, Stasiun Bogor mencapai 30.879 orang, Stasiun Bojonggede 24.257 orang, Stasiun Citayam sebanyak 24.554 orang, dan Stasiun Bekasi mencapai 21.951 orang.
Anne menambahkan jumlah pengguna KRL Jabodetabek sepanjang Juni sampai dengan 14 Juni 2022 mencapai 8 juta orang lebih atau rata-rata per hari sebanyak 576.131 orang. Sedangkan volume pengguna KRL pada akhir minggu mencapai 2,3 juta orang lebih atau rata-rata 475.553 orang per hari.
Volume pengguna KRL pada akhir minggu tertinggi tercatat pada Sabtu 11 Juni 2022 dengan jumlah pengguna mencapai 508.893 orang.
Sepanjang bulan keenam tahun ini, ujarnya, perusahaan juga mencatat rata-rata volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai mencapai 135.000 – 145.000 orang. Volume tertinggi pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai tercatat pada Senin, 13 Juni 2022 dengan jumlah pengguna sebanyak 146.456 orang.
Rata-rata volume perhari pengguna KRL sepanjang Juni 2022 yang naik di Stasiun Manggarai, lanjutnya, sebanyak 12.341 pengguna, dan rata-rata volume perhari pengguna yang turun di Stasiun Manggarai sebanyak 12.995 pengguna.
Perusahaan, ujarnya, terus mengingatkan para pengguna KRL untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan baik di dalam perjalanan KRL maupun saat berada di area stasiun. Pemeriksaan persyaratan untuk naik transportasi berbasis rel itu, lanjutnya, tetap diberlakukan.
“Selain itu, KAI Commuter juga mengajak pengguna mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KRL Access agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam KRL,” katanya.
PT Kereta Commuter Indonesia mengoperasikan sebanyak 1.054 perjalanan KRL setiap hari. Dari total itu, sebanyak 734 perjalanan KRL terjadi saat jam sibuk pada pagi dan sore. Petugas, lanjutnya, akan melakukan penyekatan di stasiun dan pembatasan saat naik KRL jika kondisi sudah memenuhi kuota yaitu sebanyak 80 persen sesuai dengan peraturan pemerintah.
Editor: Gita Carla
Anne Purba, VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), menuturkan pengguna KRL di seluruh stasiun pada Senin (13/6/2022) dan Selasa (14/6/2022) masing-masing mencapai 655.638 dan 642.798 orang.
“Hari Senin merupakan jumlah volume pengguna harian tertinggi sampai dengan Juni ini,” katanya dalam rilis yang diterima oleh Hypeabis.id.
Baca juga: KRL Mania, Begini Cara KAI Mengurangi Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai
Jumlah pengguna moda transportasi rel tersebut mengalami peningkatan sebesar 2 persen jika dibandingkan dengan volume pengguna pada Senin (6/6/2022), yakni 640.285 orang. Volume pengguna KRL pada Senin minggu, lanjutnya, lalu sempat menjadi yang tertinggi.
Baca juga: Mengeksplorasi Kota Naik Kereta? Siapa Takut!
Perusahaan, ujarnya, juga mencatat bahwa beberapa stasiun KRL di Jabodetabek ramai dengan pengguna KRL. Stasiun Tanah Abang, lanjutnya, mencatat terdapat volume pengguna sebanyak 37.490 orang, Stasiun Bogor mencapai 30.879 orang, Stasiun Bojonggede 24.257 orang, Stasiun Citayam sebanyak 24.554 orang, dan Stasiun Bekasi mencapai 21.951 orang.
Anne menambahkan jumlah pengguna KRL Jabodetabek sepanjang Juni sampai dengan 14 Juni 2022 mencapai 8 juta orang lebih atau rata-rata per hari sebanyak 576.131 orang. Sedangkan volume pengguna KRL pada akhir minggu mencapai 2,3 juta orang lebih atau rata-rata 475.553 orang per hari.
Volume pengguna KRL pada akhir minggu tertinggi tercatat pada Sabtu 11 Juni 2022 dengan jumlah pengguna mencapai 508.893 orang.
Sepanjang bulan keenam tahun ini, ujarnya, perusahaan juga mencatat rata-rata volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai mencapai 135.000 – 145.000 orang. Volume tertinggi pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai tercatat pada Senin, 13 Juni 2022 dengan jumlah pengguna sebanyak 146.456 orang.
Rata-rata volume perhari pengguna KRL sepanjang Juni 2022 yang naik di Stasiun Manggarai, lanjutnya, sebanyak 12.341 pengguna, dan rata-rata volume perhari pengguna yang turun di Stasiun Manggarai sebanyak 12.995 pengguna.
Perusahaan, ujarnya, terus mengingatkan para pengguna KRL untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan baik di dalam perjalanan KRL maupun saat berada di area stasiun. Pemeriksaan persyaratan untuk naik transportasi berbasis rel itu, lanjutnya, tetap diberlakukan.
“Selain itu, KAI Commuter juga mengajak pengguna mengatur waktu perjalanannya dengan mengakses aplikasi KRL Access agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam KRL,” katanya.
PT Kereta Commuter Indonesia mengoperasikan sebanyak 1.054 perjalanan KRL setiap hari. Dari total itu, sebanyak 734 perjalanan KRL terjadi saat jam sibuk pada pagi dan sore. Petugas, lanjutnya, akan melakukan penyekatan di stasiun dan pembatasan saat naik KRL jika kondisi sudah memenuhi kuota yaitu sebanyak 80 persen sesuai dengan peraturan pemerintah.
Editor: Gita Carla
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.