Contoh desain dapur (dok. Freepik)

5 Kesalahan yang Bikin Dapur Berantakan

21 May 2021   |   12:44 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Dapur menjadi salah satu ruangan terpenting dalam sebuah rumah. Fungsi utamanya yakni sebagai tempat untuk memasak atau menyiapkan makanan.

Kerap kali dapur terlihat berantakan karena memang ruangan itu yang sering dipakai dan terdapat banyak perabot. Kondisi yang berantakan itulah terkadang membuat kita mumet melihatnya.

Mengutip dari Insider, berikut kesalahan yang bikin dapur terlihat berantakan dan cara memperbaikinya.

1. Menggunakan terlalu banyak dekorasi

Salah satu penyebab dapur terlihat berantakan yakni terlalu banyak dekorasi yang dipajang di sekitar ruangan tersebut. Penata interior Jenny Reimold mengatakan sebaiknya letakkan dekorasi di satu area saja. Misalnya di papan saji yang ditempel di tembok.

2. Rak terbuka tanpa model

Desainer interior dari HomeGoods Beth Diana Smith menyebut rak terbuka di dapur justru memberi tampilan yang tidak teratur. Piring hingga gelas yang sering dipakai dan ditaruh di rak terbuka menampilkan efek dapur yang penuh serta kurang menarik.

Oleh karena itu, Smith merekomendasikan untuk meletakkan semua bagian yang paling fungsional seperti piring dan gelas di rak bagian bawah dapur yang tertutup.

Sedangkan untuk rak paling atas, Smith menyarankan untuk memuat barang-barang yang jarang digunakan, seperti mangkuk saji keramik besar, teko, atau peralatan gelas mewah.

Jika ada lebih banyak ruang, Smith merekomendasikan untuk menambahkan vas, patung, atau benda dekoratif lainnya. Solusi lain adalah memiliki peralatan makan yang unik dan cantik.

3. Piring terlalu menumpuk

Menumpuk peralatan makan menjadi seperti menara adalah salah satu penyebab terbesar kekacauan di dapur. Ada baiknya manfaatkan ruang vertikal di lemari kamu ya.

Ada begitu banyak ruang yang kosong di antara rak. Cobalah menyelipkan riset rak untuk menyusun piring agar terlihat rapih.
 
4. Membuang sekat lemari es

Kompartemen pintu, rak, dan laci kulkas dibuat agar bisa disesuaikan. Untuk itu, pertimbangkan stok makanan secara teratur dan sesuaikan dengan kebutuhan ruang di kulkas.

5. Menggunakan countertops sebagai ruang penyimpanan

Pasti kamu sering nih menjadikan countertop atau permukaan horizontal di dapur biasanya di dekat wastafel atau area penyiapan makanan sebagai tempat penyimpanan. Misalnya menaruh roti dan selai, sereal, atau buah-buatan.

Walaupun memudahkan akses untuk mendapatkan makanan dengan cepat, justru itu membuat dapur terlihat penuh.

Sebaiknya taruh makanan tersebut ke wadah penyimpanan yang bersih dan kedap udara. Lalu memasukkannya ke dalam lemari atau dapur.

Begitu pula jangan taruh peralatan masak di atasnya ya. Jika kamu termasuk orang yang rajin memasak, sebaiknya setelah dicuci peralatan tersebut langsung di simpan di rak atau lemari penyimpanan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pengin Hidup Berkualitas & Bahagia, Ikuti 7 Langkah Ini Yuk!

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Tayangan Netlfix untuk Mengisi Akhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: