Gambas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Sumber gambar: Quang Nguyen/Pexels)

8 Manfaat Sayur Gambas dari Jaga Kesehatan Mata hingga Cegah Diabetes

21 May 2022   |   11:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kalian mungkin pernah makan sayur gambas atau yang lebih kenal dengan oyong. Jenis sayuran satu ini biasanya diolah sebagai sayur bening yang lezat. Tak hanya enak saat diolah, gambas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Gambas (Luffa Acutangula) adalah tumbuhan  anggota keluarga Cucurbitaceae yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis dan subtropis. Gambas tumbuh merambat seperti mentimun. Buahnya berbentuk panjang dengan tonjolan pada bagian permukaan kulitnya dan berwarna hijau, sedangkan daging buahnya berwarna putih.

Gambas mengandung berbagai nutrisi seperti antioksidan, mineral, vitamin dan lipid. Selain itu, gambas juga sumber vitamin A dan karbohidrat yang sangat baik, termasuk vitamin B5, mangan, kalium, serat, vitamin B6, vitamin C dan magnesium.

Baca juga: 9 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

Melansir dari netmeds.com, berikut adalah delapan manfaat sayur gambas bagi kesehatan.
 

1.  Menjaga kesehatan mata

Kandungan besar vitamin A dalam gambas dalam bentuk beta karoten, berkontribusi untuk meningkatkan penglihatan bahkan pada usia yang lebih tua. Kandungan itu juga membantu dalam mencegah degenerasi makula, kebutaan parsial dan penyakit mata lainnya.

Gambas juga bisa menjadi antioksidan yang berharga, beta karoten yang membersihkan saraf optik dan pembuluh darah visual dari racun, sehingga melindungi mata dari radikal bebas berbahaya.
 

2.  Bantu mengobati anemia

Memiliki banyak kandungan zat besi, mengonsumsi gambas secara teratur dengan bisa membantu menyembuhkan anemia, yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Selain itu, gambas juga kaya akan vitamin B6, yang memainkan peran kunci dalam sintesis dari sel darah merah dalam tubuh, bersama dengan zat besi. Dengan demikian, itu bisa mengatur aliran darah ke semua organ dalam tubuh, mengurangi gejala nyeri dan kelelahan.
 

3.  Turunkan berat badan

Gambas adalah sayuran rendah kalori dan memiliki konsentrasi lemak jenuh dan kolesterol, sehingga bisa membantu mencerna protein, karbohidrat, dan lemak dalam makanan dengan cepat setelah dicerna dan juga mencegah akumulasi lemak berlebih di jaringan tubuh. 

Selain itu, insulin seperti peptida dan alkaloid dalam gambas juga membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga menjaga berat badan dan metabolisme pada penderita diabetes. 

Baca juga: Kerap Jadi Lalap, Ternyata Ini 8 Khasiat Daun Kemangi

Gambas dikenal juga dengan okra (Sumber gambar: Esperanza Doronila/Unsplash)

Gambas dikenal juga dengan okra (Sumber gambar: Esperanza Doronila/Unsplash)
 

4.  Meredakan sembelit

Sayuran dari keluarga labu, gambas memiliki banyak kandungan air. Selain itu, daging gambas kaya akan selulosa, serat makanan alami. Oleh karena itu, mengkonsumsi gambas, atau hanya minum segelas jus gambas yang dimaniskan dengan beberapa madu bisa meredakan sembelit, selain memulihkan buang air besar dan pencernaan yang normal. 
1
2


SEBELUMNYA

Jadi Soundtrack Film Satria Dewa Gatotkaca, KotaK Rilis Single Hantam

BERIKUTNYA

Sejarah Menunjukkan Ternyata Bangsa Jepang Juga Pernah Lelet & Pemalas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: