Ilustrasi daun kemangi (Dok. Damir Mijailovic/Pexels)

Kerap Jadi Lalap, Ternyata Ini 8 Khasiat Daun Kemangi

13 February 2022   |   09:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat memesan seporsi pecel ayam, biasanya akan mendapatkan lalapan yang salah satunya daun kemangi. Aromanya yang khas dan rasanya yang kuat, membuat daun kemangi sangat nikmat jika dicocol dengan sambal. Siapa sangka, ternyata daun kemangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun kemangi mengandung banyak vitamin dan mineral, serta antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin. Banyak manfaat kesehatan kemangi berasal dari kandungan antioksidan ini, serta menghasilkan minyak esensial.

Ada lebih dari 60 varietas kemangi, dan kemangi manis menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Umumnya daun kemangi berbentuk seperti meruncing dengan warna hijau cerah. Namun, pada beberapa varietas, daun kemangi memiliki warna ungu atau merah.

Melansir dari Medical News Today, Minggu (13/2/2022), berikut adalah 8 manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh.
 

1. Mengurangi stres oksidatif

Kemangi kaya akan kandungan antioksidan. Pada kemangi manis, mengandung senyawa yang disebut eugenol, sementara pada kemangi jeruk nipis dan lemon memiliki limonene. Antioksidan ini, bersama dengan yang lain seperti anthocyanin dan beta-karoten, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit  termasuk kanker, penyakit jantung, radang sendi dan diabetes.
 

2. Mencegah penuaan kulit

Menurut sebuah studi, kemangi memiliki sifat yang dapat membantu melindungi kulit dari beberapa efek penuaan. Dalam studi tersebut, para ilmuwan menerapkan ekstrak kemangi ke model laboratorium kulit. Hasilnya menunjukkan bahwa memasukkan ekstrak kemangi dalam krim kulit topikal dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan.
 

3. Mencegah kanker

Kemangi tulsi dipercaya dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan fitokimia yang ada dalam kemangi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru. 
 

g

Ilustrasi daun kemangi (Dok. Yakov Leonov/Unsplash)


4. Menurunkan gula darah tinggi

Mengkonsumsi daun kemangi juga bisa membantu mengelola kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Hasilnya juga menunjukkan bahwa daun kemangi dapat membantu mengobati efek jangka panjang dari gula darah tinggi. Jika penelitian lebih lanjut juga mengkonfirmasi temuan ini, dapat dikatakan bahwa ekstrak kemangi terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes.
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Spot Wisata Alam di Majalengka yang Menarik Dikunjungi

BERIKUTNYA

Gandeng Duo Livingroom, Laze Rilis Single Tempat Pulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: