Gambas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan (Sumber gambar: Quang Nguyen/Pexels)

8 Manfaat Sayur Gambas dari Jaga Kesehatan Mata hingga Cegah Diabetes

21 May 2022   |   11:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Mengatasi gejala diabetes

Gambas adalah sayuran rendah kalori, gula, tapi terdiri dari cadangan besar serat makanan, yang membantu dalam mengatur nafsu makan, menahan rasa lapar dan mengendalikan penambahan berat badan.

Selain itu, sayuran hijau ini juga sarat dengan fitonutrien yang memiliki sifat hipoglikemik, sehingga secara efektif mencegah lonjakan mendadak kadar glukosa darah setelah makan. Dengan cara ini, gambas bisa merangsang pencernaan, metabolisme, fungsi insulin dan membantu menjaga diabetes.
 

7. Memperbaiki tekstur kulit

Terdiri dari kandungan vitamin C dan vitamin A yang terkenal dengan potensi antioksidannya, gambas membantu menghilangkan radikal bebas yang merugikan sistem pada tubuh, mencegah kerusakan oksidatif pada jaringan kulit yang sehat dan mendetoksifikasi serta memurnikan darah.

Mengonsumsi gambas sehari-hari dalam porsi kecil dalam salad, jus, tumis, atau sayur bening juga bekerja sangat baik dalam meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menyembuhkan infeksi, jerawat, bintik hitam, untuk kulit lembut, jernih dan bercahaya.

Baca juga: 3 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan
 

8. Menurunkan panas tubuh

Gambas adalah sayuran air yang mengandung banyak kandungan cairan, yang memberikan efek pendinginan yang luar biasa dan mengurangi panas tubuh yang berlebihan.

Selain itu, gambas juga mengandung mineral termasuk kalium, natrium, seng dan selenium, yang membantu menetralkan kelebihan keasaman dalam tubuh, menghasilkan lingkungan basa yang bermanfaat, mengatasi dehidrasi, memulihkan keseimbangan elektrolit dan mengisi kembali cairan yang hilang serta  nutrisi dalam tubuh.


Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Jadi Soundtrack Film Satria Dewa Gatotkaca, KotaK Rilis Single Hantam

BERIKUTNYA

Sejarah Menunjukkan Ternyata Bangsa Jepang Juga Pernah Lelet & Pemalas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: