Ilustrasi kopi. (Dok. Michael C on Unsplash)

Minum Kopi Bermanfaat Mencegah Penyakit pada Hati, Kok Bisa?

24 June 2021   |   17:04 WIB

Genhype suka minum kopi untuk memulai hari atau saat jam istirahat? Ternyata, kopi punya manfaat yang baik untuk kesehatan hati atau liver lho!

Ini dibuktikan dari sebuah studi dari Inggris yang menemukan adanya keterkaitan antara konsumsi kopi dengan rendahnya risiko penyakit hati kronis dan kondisi kesehatan hati lainnya.

Penelitian yang dipublikasi di jurnal BMC Public Health ini menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi memiliki risiko 21 persen lebih rendah dari penyakit hati dan 49 persen lebih rendah dari kematian akibat penyakit hati yang kronis.

Manfaat ini dirasakan bagi mereka yang mengonsumsi setidaknya empat gelas kopi dalam satu hari, terutama yang meminum kopi giling.

Meski manfaatnya secara spesifik untuk bagaimana kopi bisa mengurangi dampak dari penyakit liver, tapi diduga kandungan anti-inflamasi dan anti-fibrotik di dalam kopi memiliki peran tersebut.
 

Ilustrasi orang yang minum kopi. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi orang yang minum kopi. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Lebih terperinci, manfaat kesehatan yang didapatkan berdasarkan penelitian terhadap 495.585 orang yang masuk ke dalam empat kategori: kopi giling dengan kafein, kopi instan, kopi tanpa kafein, dan tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Beberapa di antaranya memiliki riwayat penyakit hati kronis atau steatosis (penggumpalan lemak pada hati) dan kanker hati jenis hepatocellular carcinoma.

Hasilnya, penelitian ini mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi kopi memiliki risiko 21 persen lebih rendah untuk mengalami penyakit hati kronis, 20 persen lebih rendah dari risiko penyakit steatosis, 49 persen lebih rendah untuk mengalami risiko kematian dari penyakit hati kronis. 

Akan tetapi, hasil ini tinggi bagi mereka yang mengonsumsi kopi giling dengan kafein dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kopi instan atau kopi tanpa kafein dengan jumlah konsumsi 4-5 gelas sehari.

Ini disebabkan karena kopi giling mengandung kahweol dan kafestol yang lebih tinggi, di mana dua bahan ini bisa melindungi tubuh dari penyakit liver.

Dengan hadirnya peneliti ini, para penulis berharap bahwa kopi bisa menjadi cara yang murah dan mudah untuk mengurangi risiko penyakit hati sehingga bisa mengurangi tingkat kematian akibat penyakit hati.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

ARMY Bagi-Bagi Lagi Donasi buat Abang Ojol Pengantar BTS Meal

BERIKUTNYA

Pink Sweat$ Nantikan Kolaborasi dengan BTS, Adele & BlackPink

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: