Penderita diabetes diperbolehkan menjalankan puasa dengan pengawasan dokter. (Sumber gambar: Jill Wellington/Pexels)

6 Menu Sahur & Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

10 April 2022   |   14:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

1. Ganti nasi putih dengan makanan tinggi serat

Mengganti asupan serat dari nasi putih dengan biji-bijian utuh yang tinggi serat dan nutrisi dapat membantu penderita diabetes menjalankan puasa. Makanan tinggi serat memperlambat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 
Beras merah, roti gandum, pasta gandung, biji gandung, soba, quinoa, millet, merupakan jenis biji-bijian yang cocok disantap sebagai menu buka puasa dan sahur sebagai pengganti nasi putih. 

2. Konsumsi kurma saat berbuka

Kurma dikenal dengan khasiatnya sebagai makanan sehat yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes saat berbuka puasa. Kandungan gua alamai pada buah kurma selain aman untuk tubuh, juga dapat menahan lonjakan kadar gula dalam darah. Konsumsi 2-3 butir kurma saat membatalkan puasa dengan segelas teh tawar hangat.

Kurma bisa menjadi camilan yang sehat untuk menu berbuka puasa (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

Kurma bisa menjadi camilan yang sehat untuk menu berbuka puasa (Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta)

 

3. Minum air kelapa

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa ternyata aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Namun, pastikan air kelapa tersebut berasal dari kelapa segar, bukan air kelapa kemasan dengan gula tambahan.

(Baca juga: Ini Jenis Olahraga yang Tepat saat Puasa)


4. Cokelat hitam

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam — ketika tidak mengandung gula dan lemak jenuh — merupakan cokelat yang menyehatkan untuk tubuh kita. Cokelat hitam kaya akan antioksidan penangkal penyakit, salah satunya flavonoid. Kandungan flavonoid pada cokelat hitam mengikat glukosa dan mampu menurunkan kadar gula darah. Sebagai menu berbuka puasa, cokelat cocok disandingkan dengan minuman hangat.


5. Jus buah

Mengonsumsi jus buah tanpa gula sebagai menu buka puasa merupakan pilihan yang sehat bagi pengidap diabetes. Buah mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan efek kenyang dan menghindarkan tubuh dari lemas selama puasa. 


6. Konsumsi ikan laut

Mengonsumsi ikan laut yang diselingi dengan sayur dan buah dapat membuat pengidap diabetes selalu sehat selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan omega 3 dan lemak jenuh yang terkandung dalam ikan laut tidak akan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah. 


7. Brokoli

Sebagai sayuran atau pelengkap sajian menu ikan laut, kamu dapat memiliki sayur brokoli. Brokoli dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus dengan menambahkan bumbu yang kamu suka. Dengan mengonsumsi sayur ini, maka kadar gula darah dapat menurun. Sebab, brokoli mengandung magnesium yang baik untuk menurunkan kadar gula darah. 

Editor: Nirmala Aninda
1
2


SEBELUMNYA

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Ngabuburit

BERIKUTNYA

7 Persiapan Penting sebelum Pergi Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: