Berbagai macam buah-buatan (dok. Freepik)

Tips Memilih Buah-Buahan untuk Penderita Diabetes

10 June 2021   |   20:23 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk kamu yang berusia di bawah 30 tahun. Apabila kita terkena diabetes, alhasil ada sejumlah makanan yang harus dihindari agar gula darah tidak meningkat dan berakibat lebih buruk bagi kesehatan.

Di Asia termasuk Indonesia, masyarakatnya paling banyak terserang diabetes tipe 2 atau diabetes melitus. Ini adalah kondisi kronis dimana kadar gula darah terus berfluktuasi. Pankreas pun tidak menghasilkan cukup insulin atau hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat. 

Kadar gula darah yang tidak terkontrol ini berefek merusak sejumlah bagian tubuh dan fungsinya. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes mencari alternatif untuk memoderasi kadar gula darah. 

Salah satu caranya adalah melakukan diet rendah gula dan mengonsumsi buah-buatan. Namun buah-buahan yang dikonsumsi pun tidak sembarang. Sebab ada beberapa buah yang justru dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Melansir Express UK, buah-buatan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes diantaranya blackberry, jeruk, stroberi, alpukat, ceri asam, plum, jeruk bali, buah pir, apel, persik, pisang, hingga bluberi.

Lembaga kesehatan di Inggris CuraLife menjelaskan buah-buahan ini mengandung fruktosa atau gula alami, serta kaya nutrisi. "Buah mengandung vitamin, fitokimia, dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan," tulis lembaga kesehatan itu. 

Dokter Spesialis Diabetes Sarah Brewer menyarankan untuk memasukkan buah ke dalam pola makan nabati atau plat absen diet.

Menurutnya, mengikuti pola makan nabati yang lebih sehat seperti rendah serat karena mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayuran, dapat membantu mengelola diabetes tipe 2.

Selain mengonsumsi makanan rendah gula, olahraga katanya juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. "Olahraga memanfaatkan cadangan gula yang disimpan di otot dan hati. Saat tubuh membutuhkan energi, cadangan gula itu akan terpakai," jelas Mayo Clinic.

Meskipun makan buah memberi tubuh vitamin dan mineral penting, jenis buah tertentu justru dapat menyebabkan kadar gula darah. Jenis buah ini memiliki peringkat tinggi pada indeks glikemik (GI) atau sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. 

Adapun buah yang mengandung gula tinggi antara lain semangka, labu, nanas, jus buah, dan buah kering. Jika kamu tetap ingin mencicipi buah ini, konsumsi dengan jumlah sedang saja ya, diabetasi!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kevin Julio, Yunita Siregar & Dian Sidik Berbagi Cerita Seru di Balik Syuting #CeritaKita

BERIKUTNYA

Ingin Menikah? Perhatikan 5 Tahapan Terpenting Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: