Berkebun dan mengurus tanaman bisa menjadi kegiatan menunggu azan magrib pada sore hari (sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Element5 Digital)

5 Kegiatan Bermanfaat untuk Ngabuburit

10 April 2022   |   14:23 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang berpuasa pasti tidak asing dengan ngabuburit atau mengabuburit. Kata yang berasal dari bahasa Sunda ini telah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dan kerap digunakan di banyak wilayah di Indonesia. Lalu, apa itu ngabuburit? dalam KBBI daring Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengabuburit merupakan turunan dari kata burit. 

Kata Burit, dalam KBBI daring memiliki arti sore. Sementara mengabuburit memiliki arti menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. 

Kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu Ramadan banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, dan sudah seperti menjadi budaya di dalam negeri lho Genhype. 

Bagi Genhype yang sedang berpuasa dan menunggu waktu berbuka, berikut kegiatan-kegiatan ngabuburit yang bisa kalian lakukan. 
 

1. Tadarusan atau membaca Al-Qur'an

Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat, dan menjadi ajang bagi umat muslim untuk memperoleh pahala sebanyak-banyaknya. Sambil menunggu waktu berbuka, tadarusan atau membaca Al-Qur'an biasanya selalu dilakukan selama ramadan, bahkan sebagian muslim mampu menamatkan bacaan hingga berkali-kali dalam sebulan ini. 
 

2. Berolahraga

Puasa bukan berarti tidak melakukan apa-apa atau tidak berolahraga. Menjaga kesehatan dan kebugaran tetap harus dilakukan oleh Genhype meskipun tengah berpuasa. Berolahraga pada sore hari sambil menunggu berbuka bisa menjadi pilihan untuk menunggu waktu buka puasa sambil menjaga tetap sehat dan bugar. 
 

3.  Membaca buku

Pepatah mengatakan bahwa buku adalah gudang ilmu. Jadi, membaca buku berarti kita sedang menggali ilmu. Kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh Genhype sambil menunggu waktu azan magrib pada sore hari adalah membaca buku. 

Selain menambah ilmu, waktu berpuasa juga tidak akan terasa, dan tahu-tahu azan magrib sudah berkumandang. 
 

4. Berjualan

Tidak jarang orang-orang lebih suka membeli makanan untuk berbuka puasa dibandingkan dengan membuat sendiri di rumah. Kondisi merupakan peluang bagi Genhype untuk meraih pendapatan pada bulan Ramadan. 

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, berjualan makanan-makanan berbuka puasa atau takjil bisa menjadi salah satu pilihan lho Genhype. 
 

5. Berkebun atau mengurus tanaman.

Salah satu hobi yang muncul bagi sebagian orang pada masa pandemi adalah berkebun atau menanam tanaman. Kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh Genhype sembari menunggu waktu berbuka puasa. 

Menyiram tanaman, memberikan pupuk, dan merapihkan kembang-kembang yang ada di halaman dapat membuat Genhype lupa dengan waktu, dan tahu-tahu waktu berbuka telah tiba tanpa terasa. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penemuan Identitas Diri noui dalam EP bertajuk innerchild

BERIKUTNYA

6 Menu Sahur & Buka Puasa untuk Penderita Diabetes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: