Ilustrasi (dok. Pexels)

Mau Umur Panjang? Ikhtiar Yuk Minum Teh Ini

08 July 2021   |   10:32 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu tahu kan kalau teh memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Minuman yang mengandung kafeina ini juga membuat umur kita panjang, lho.

Seiring bertambahnya usia, setiap manusia pasti menghadapi risiko meningkatnya penyakit. Mulai dari kesehatan jantung, risiko kanker, serta tidak mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang cukup bahkan untuk mencegah flu.

Di sinilah teh dapat membantu kita mengurangi risiko tesebut secara alami, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan meningkatkan umur panjang.

Kendati demikian bukan sembarang teh. Adapun teh yang dimaksud para ahli yakni teh Rooibos. Selain rasanya lezat, teh yang dikenal dengan teh merah atau teh semak merah ini memiliki aroma yang khas dan lebih rendah kafein ketimbang teh hitam atau teh hijau. 

Rooibos adalah daun dari semak Aspalathus Linearis yang tumbuh di daratan Afrika Selatan. Tingkat antioksidannya tinggi, rendah tanin, dan bebas dari kafein, menempatkan teh rooibos di posisi paling atas dalam hal manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Teh Rooibos penuh dengan bahan-bahan kuat, mencakup campuran vitamin, mineral, dan polifenol dosis tinggi yang membantu mengurangi penyakit terkait usia dan meningkatkan umur panjang. Berikut manfaat lainnya dari teh rooibus :

1. Menurunkan gula darah.
Mengutip Express UK, Kamis (8/7/2021), kandungan Apsalathin Rooibos diketahui membantu mengurangi risiko diabetes dan menurunkan gula darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Kesehatan Nasional di Inggris, meninjau dampak aspalathin pada hiperglikemia dan intoleransi glukosa di antara penderita diabetes tipe 2.

Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan mekanisme spesifik untuk aksi anti-diabetes aspalathin menggunakan garis sel yang diturunkan dari otot rangka dan garis sel pankreas yang diturunkan dari tikus, lalu menyelidiki pengaruhnya dalam model diabetes tipe 2 pada tikus.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dosis aspalathin yang ditemukan dalam teh Rooibos secara signifikan menekan peningkatan kadar glukosa darah puasa dan meningkatkan intoleransi glukosa. Selanjutnya, aspalathin menurunkan ekspresi gen hati yang terkait dengan glukoneogenesis dan lipogenesis

“Hasil ini sangat menunjukkan bahwa aspalathin memiliki potensi anti-diabetes,” catat penelitian tersebut.

2. Meningkatkan kesehatan jantung.
Studi lain yang diterbitkan di National Library of Health melihat efek rooibos pada stres oksidatif untuk membantu mengurangi penyakit kardiovaskular.

Penelitian ini melibatkan 40 sukarelawan yang mengonsumsi enam cangkir rooibos fermentasi atau tradisional setiap hari selama enam minggu.

Hasilnya, mereka menemukan penurunan signifikan dalam penanda plasma peroksidasi lipid setelah konsumsi rooibos bersamaan dengan penurunan serum LDL-kolesterol.

“Konsumsi Rooibos tradisional yang difermentasi secara signifikan meningkatkan profil lipid serta status redoks, keduanya relevan dengan penyakit jantung, pada orang dewasa yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular,” tulis penelitian tersebut.

3. Mengurangi risiko kanker.
Teh dikatakan juga membantu mencegah kanker karena mengandung quercetin atau senyawa kimia nabati yang biasanya diberikan dalam bentuk kapsul kepada pasien penderita kanker.

Nah, teh rooibos mampu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan sel dan memerangi sel-sel radikal bebas, serta memperbaiki DNA. Ini menyebabkan kematian sel pada sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor.

Teh Rooibos dapat membantu memproduksi antibodi yang membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

4. Vitamin dan mineral.
Rooibos dikenal dengan vitamin C tingkat tinggi, salah satu vitamin penting untuk mengurangi risiko pilek dan flu atau virus jahat lainnya karena vitamin ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rooibos juga mengandung tanin tingkat rendah. Ini bagus bagi mereka yang memiliki kadar zat besi rendah karena tanin diketahui mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Selain itu, rooibos akan membantu meningkatkan kadar tembaga, seng, kalsium, mangan, magnesium, potasium, dan fluorida yang semuanya membantu tubuh berada dalam kondisi prima.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Fakta Seputar Varian Covid-19 Lambda yang Perlu Kalian Tahu

BERIKUTNYA

Suka Timbun Banyak Barang di Rumah? Coba 6 Tips ini untuk Merapikannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: