Ilustrasi, pengecekan diabetes (Dok. Mykenzie Johnson on Unsplash)

Tujuh Kewajiban Penderita Diabetes

17 May 2021   |   13:22 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, ada beberapa jenis penyakit kronis yang diderita masyarakat di luar negeri maupun di Indonesia. Salah satu yang paling banyak adalah penyakit diabetes. Hati-hati dengan penyakit diabetes ya guys karena bisa menjadi penyebab utama kebutaan, penyakit jantung, hingga gagal ginjal.

Nah, pada saat Idulfitri, para penderita diabetes harus tetap menjaga gaya hidup dan juga pola makan demi meminimalisir dari risiko komplikasi dengan mematuhi berbagai aturan yang ditetapkan oleh dokter.

Irma Lidia, tim dokter apotek online Lifepack.id menuturkan, ada tujuh kewajiban yang harus dijalankan oleh penderita diabetes yakni disiplin dalam menerapkan gaya hidup sehat.

Beberapa di antaranya menjaga pola makan, berolahraga, cek kesehatan secara rutin, menjaga kebersihan mulut, mengelola stres, hindari merokok, dan disiplin dalam minum obat.

“Wajib memperhatikan beberapa hal tersebut, karena penyakit diabetes ini merupakan ancaman yang nyata bagi masyarakat, di mana setiap tahunnya penderita diabetes terus bertambah,” ujarnya.

Irma mengatakan  tingginya angka penderita diabetes tidak bisa dianggap sepele, karena diabetes merupakan silent killer yang mengintai masyarakat. Untuk itu, bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah hal utama yang harus dilakukan.

“Untuk mengontrol kadar gula darah tentunya harus mengatur pola makan dengan baik yaitu memperhatikan kandungan, kuantitas, dan asupan makanan. Selain itu, hal ini harus dibarengi dengan aktivitas olahraga agar penyandang diabetes dapat memiliki berat badan yang ideal dan gula darah yang terkontrol dengan baik,” terangnya.

Natali Ardianto, CEO Lifepack & Jovee mengungkapkan bahwa di tengah masyarakat masih banyak yang menyepelekan penyakit diabetes. Padahal, diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak dilakukan penanganan yang tepat.

Untuk itu, dalam rangka membantu kepatuhan pengobatan penderita diabetes maupun yang merawat diabetes, apotek online Lifepack, mengadakan program Kelas Whatsapp Diabetes Gratis untuk 200 orang penderita diabetes maupun yang merawat.

Seluruh materi dalam kelas ini akan dibawakan langsung oleh dokter, apoteker, dan nutrisionis dari apotek online Lifepack. Kelas Whatsapp Diabetes Gratis akan dilakukan selama enam minggu dimulai tanggal 22 Mei 2021.

Adapun kurikulum yang disampaikan beragam, mulai dari pengetahuan umum tentang diabetes, pola konsumsi yang tepat, jenis obat-obatan, cara penyimpanan, dan waktu konsumsi obat, hingga kiat untuk mencegah atau memperlambat penyakit komorbid (penyakit bawaan).

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Yuk Intip Padatnya Jadwal B.I Jelang Comeback-nya Lewat Album Waterfall

BERIKUTNYA

Ini Teaser Terbaru dari Single Butter BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: