Ilustrasi (Dok. Joice Kelly/Unsplash)

Begini 4 Tips Sederhana untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan dari Ahli di Harvard

10 March 2022   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merasa cemas merupakan hal normal. Namun, rasa cemas bisa menjadi tidak sehat jika muncul secara berlebihan, sulit dikendalikan, atau bahkan sampai mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Kondisi tersebut secara umum disebut sebagai gangguan kecemasan.

Mengutip Healthline, gangguan kecemasan adalah bentuk paling umum dari gangguan emosional dan dapat menyerang siapa saja pada usia berapapun. Menurut American Psychiatric Association, perempuan lebih mungkin didiagnosis dengan gangguan kecemasan daripada perempuan.

Beberapa gejala kecemasan yang umum terjadi seperti peningkatan denyut jantung, pernapasan cepat, kegelisahan, kesulitan berkonsentrasi serta kesulitan tidur.

Meskipun ada sejumlah obat yang didiagnosa untuk gangguan kecemasan, ada juga beberapa solusi sederhana untuk mengatasi kecemasan yang dialami. Menurut profesor psikologi di Harvard Medical School, David Rosmarin, berikut adalah 4 tips sederhana untuk mengatasi kecemasan seperti dilansir dari Express UK, Kamis (10/3/2022).

1. Validasi perasaan
Langkah pertama untuk mengurangi kecemasan dengan memvalidasi perasaan dan menerima bahwa tidak apa-apa untuk mengekspresikan emosi kamu.

“Ketika kamu khawatir untuk menghilangkan kecemasan, kamu memberi sinyal pada sistem saraf bahwa memiliki lebih banyak hal yang dikhawatirkan. Dan itu membuat kecemasanmu semakin parah,” kata Rosmarin.

Menurut Rosmarin, makin sedikit kamu melawannya dan membiarkan kecemasan berjalan dengan sendirinya pada saat itu juga benar-benar dapat berkurang. Terima kecemasan kamu dan bagikan perasaanmu dengan seseorang kamu percaya, termasuk yakinkan diri bahwa kamu mampu mengendalikan gejala kecemasan itu.

2. Latih pernapasan
Sesak napas, pusing dan mual dapat diatasi dengan beberapa teknik pernapasan sederhana, karena hal itu memusatkan perhatian pada satu hal yang dapat dikendalikan sepenuhnya.

Menurut situs meditasi terkemuka Headspace pernapasan dalam perut membantu mengurangi kecemasan dengan merangsang respons relaksasi tubuh, menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

“Ini adalah teknik ampuh yang bekerja karena kita tidak bisa bernapas dalam-dalam dan cemas pada saat yang sama,” tulis Headspace.

Meskipun ada banyak variasi pola pernapasan terkontrol, teknik empat persegi sangat efektif dan mudah diingat. Berikut adalah caranya. 
  • Tarik napas dalam-dalam selama empat hitungan
  • Tahan napas selama empat hitungan
  • Buang napas selama empat hitungan
  • Ulangi beberapa kali
 

Ilustrasi (Dok. Alex Green/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Alex Green/Pexels)


3. Salurkan energi
Energi gugup atau cemas dapat membuat kamu merasa gemetar dan gelisah.Cara terbaik untuk menghilangkan gejala-gejala ini secara fisik adalah dengan menyalurkan energi ke dalam bentuk olahraga.

(Baca juga: Cemas di Hari Minggu, Kenali Sunday Scaries & Tips Mengatasinya)

Jika kamu sedang duduk, berdirilah dan lakukan peregangan atau jalan cepat. Para ahli di First Aid for Life merekomendasikan untuk melakukan olahraga teratur untuk mengurangi hormon stres tubuh dan merangsang produksi endorfin.

Dikenal sebagai "hormon bahagia", endorfin dan serotonin akan meningkatkan mood kamu saat bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami.
 
1
2


SEBELUMNYA

Gigi Hadid Bakal Donasikan Hasil Bulan Modenya untuk Ukraina

BERIKUTNYA

Penting, Perhatikan Sejumlah Kondisi di Ban agar Tetap Aman Saat Berkendara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: