Ilustrasi cemas (dok. Pexels)

Lakukan 6 Mental Trick Ini untuk Mengatasi Rasa Cemas

11 August 2021   |   10:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kamu pasti sesekali cemas menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir ini. Biasanya perasaan ini diiringi gelisah hingga membuat kamu tidak nyaman bukan? Jika mengalami hal demikian, sebaiknya segera lakukan sesuatu ya biar enggak jadi masalah kesehatan mental.

Psikiater dari RSPI Pondok Indah, Zulvia Oktanida Syarif mengatakan anxiety atau rasa cemas berlebihan membuat otak melakukan trik yang mengubah caramu berpikir, mengubah emosi, dan respons tubuh. 

Kondisi ini jangan dibiarkan berlarut-larut dan harus diatasi karena bisa menimbulkan gangguan kecemasan. Nah, berikut ini mental trick dari dokter yang akrab disapa Vivi ini untuk mengatasi anxiety.

1. Latihan pernapasan.
Banyak metode latihan pernapasan yang bisa dipelajari, dengan berbagai hitungan dan teknik. Namun menurut Vivi tidak usah pusingkan tekniknya. Apabila cemas, cukup tarik napas kemudian hembuskan kembali, dan lakukan secara berulang. 

2. Kembali ke zona waktu.
Pikiran kamu mungkin sering traveling ke masa depan. Tiba-tiba meramalkan sesuatu yang akan terjadi. Jangan kejauhan, balik ke zona waktu kamu saat ini ya. Sadari dirimu sedang ada dimana, sedang apa, dan apa yang bisa dilakukan untuk situasi saat ini. 

3. Triple three (3-3-3).
Ada tiga hal yang perlu kamu lakukan. Pertama, lihat sekitar dan sebutkan tiga benda yang kamu lihat. Kedua, sebutkan tiga hal yang kamu dengar. Ketiga, gerakkan tiga bagian tubuh misal pergelangan tangan, jari kaki, dan leher.

4. Pasang label baru.
Pasti diantara kamu pernah merasakan jantung berdebar kencang, napas tersendat, hingga ada pikiran situasi tersebut mungkin pertanda hidupmu akan berakhir. 

Menurut Vivi, ini namanya kamu melabeli kondisi dengan label "mau mati", padahal bukan itu. Perbaiki labelnya, pasang label baru bahwa jantung berdebar dan napas pendek adalah bentuk cemas atau panik.

5. Berdiri tegak.
Saat cemas atau panik, tubuh cenderung meringkuk. Ini instring untuk melindungi organ yang penting pada tubuh yaitu jantung dan paru-paru yang ada di dalam rongga dada. 

Reaksi fisik spontan untuk memutar balikkan kondisi anxiety ini adalah dengan berdiri tegak tarik bahu ke belakang, busungkan dada, kepala tegak, wajah, dan tatapan lurus ke depan. 
"Tubuh akan menangkap sinyal bahwa kamu ya kamu, kembali pegang kendali," tegas Vivi. 

6. Tertawa
Mau keluar dari lingkaran kecemasan ini? Tertawalah!. Studi menunjukkan bahwa humor dapat menurunkan anxiety. Jadi simpan video lucu atau jokes receh di gadget kamu ya. 

Saat cemas menyerang, enggak apa-apa kok tertawa agak sedikit memaksa, lama-lama juga bisa lepas dan anxiety pergi deh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Perhatikan 2 Hal Penting ini Agar Ketahanan Finansial Kalian Terjaga

BERIKUTNYA

Ini Bahayanya Jika Anak Kekurangan Aktivitas Fisik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: