Ilustrasi (Dok. Liza Summer/Pexels)

Cemas di Hari Minggu, Kenali Sunday Scaries & Tips Mengatasinya

02 October 2021   |   20:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kamu pernah merasa cemas di hari Minggu karena besoknya adalah hari Senin? Bisa jadi kamu terkena gejala sunday scaries. Sesuai namanya, sunday scaries adalah kondisi ketika seseorang merasa cemas bahkan takut di hari Minggu karena memikirkan hari-hari dalam seminggu ke depan.

Sunday scaries telah menjadi persoalan yang cukup umum terjadi. Seperti dilansir dari Healthline, Sabtu (2/10), sebuah penelitian yang dilakukan LinkedIn pada 2018 menemukan bahwa dari 1.017 responden yang terdiri dari orang dewasa, 80 persen di antaranya mengalami kecemasan di Minggu malam.

Belum dapat dipastikan mengapa seseorang bisa merasakan sunday scaries. Pasalnya, setiap orang memiliki beban yang berbeda-beda yang bisa menjadi penyebabnya seperti tanggung jawab pekerjaan dan tugas tertentu di hari Senin. Penting untuk bisa menemukan alasan yang membuat kamu merasakan sunday scaries. Dengan begitu, kamu bisa menemukan cara untuk mengatasinya.

Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat kamu merasakan gejala sunday scaries seperti berikut ini.

1. Selesaikan pekerjaan hari Jumat
Salah satu akar masalah sunday scaries adalah bayang-bayang pekerjaan, sehingga penting untuk menyelesaikan tugas-tugasmu di hari terakhir kerja sebelum akhir pekan. Trik ini bisa menekan kecemasan yang muncul pada hari Minggu. Kalau memang pekerjaanmu menumpuk, cobalah selesaikan secara maksimal. Perasaan bahwa kamu produktif dan sudah bekerja keras tentu bisa menekan keresahanmu.

2. Maksimalkan liburmu
Saat akhir pekan datang, lupakan pekerjaan. Kamu bisa mengisi waktu luangmu untuk melakukan hobi, pergi ke salon, atau mencoba aktivitas baru. Hal itu bisa membuatmu menikmati hari libur dengan maksimal. Tunda dulu kecemasanmu di hari Senin, nikmati saja liburan akhir pekanmu.
 

Melakukan hobi di waktu akhir pekan bisa membantu kamu untuk tidak mengalami sunday scaries (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Melakukan hobi di waktu akhir pekan bisa membantu kamu untuk tidak mengalami sunday scaries (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

1
2


SEBELUMNYA

4 Kiat Padu Padan Legging untuk Berbagai Acara

BERIKUTNYA

Trailer Drama Reflection of You Tunjukkan Konflik Go Hyun-jung & Shin Hyun-been 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: