Ilustrasi pesan teks. (Dok. Daniel Korpai dari Unsplash)

Yuk, Kirim 5 Pesan Ini untuk Mereka yang Lagi Dilanda Kecemasan!

13 June 2021   |   21:16 WIB

Kecemasan adalah suatu gangguan mental yang berisiko menyebabkan berbagai macam hambatan hingga menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Biasanya, kecemasan muncul ketika Genhype atau orang lain berada dalam situasi yang sulit hingga membuat kelelahan secara mental dan emosi.

Cara terbaik untuk mengurangi keparahan kecemasan adalah dengan berkomunikasi meski kadang bisa saja Genhype atau orang lain syok ketika mengetahui respons mereka yang mengalami kecemasan.

Lima pesan ini bisa Genhype atau orang lain kirimkan untuk meredakan perasaan tersebut. Simak daftarnya di bawah ini karena bisa saja ini bermanfaat lho!

1. "Saya ada bersama kamu."
Kepastian atau keyakinan merupakan hal yang ingin didengarkan oleh setiap orang, terutama mereka yang memiliki kecemasan. Dengan memberikan kepastian, mereka akan merasa bahwa masih ada orang yang mau membantu mereka sekalipun dalam situasi yang sulit. Di saat yang sama, jangan membuat mereka merasa terisolasi.

2. "Apa yang membuat kamu merasa cemas?"
Menanyakan alasan mengapa mereka merasa cemas sebenarnya bukan hal yang benar-benar tidak sensitif atau peka bagi sebagian besar orang, tapi hal ini berbeda bagi mereka yang punya kecemasan sebab hal ini bisa memicu stres mengingat mereka yang punya kecemasan sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka.

Jadi, coba minta orang yang punya kecemasan untuk berbagi cerita supaya mereka bisa melepaskan sebagian beban yang mengganjal dalam diri mereka.

3. "Apakah kamu sudah melakukan hal apapun untuk diri sendiri hari ini?"
Waktu pemulihan diri adalah obat terbaik bagi mereka yang punya kecemasan karena dengan itu mereka bisa menyadari nilai dan penghargaannya serta memotivasi diri untuk bisa melewati masa-masa yang sulit.

Tak lupa juga untuk coba beri penjelasan kepada orang lain untuk mengajak mereka melakukan hobi atau hal-hal lain yang mereka senangi sehingga muncul perasaan bahagia.
 
ilustrasi kecemasan/hipnoterapi.com
4. "Coba tuliskan pikiranmu dalam sebuah buku."
Menulis atau melakukan pencatatan dalam jurnal adalah terapi yang efektif dan mudah untuk dilakukan. Ini bisa dipraktikkan jika ada orang lain yang memiliki kesulitan untuk berbicara tentang kecemasan yang mereka alami secara terbuka.

Menulis bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan beban pikiran di dalam kepala mereka, sehingga hal ini bisa membantu mereka untuk mengetahui bahwa Genhype selalu ada bersamanya tanpa perlu berbicara secara terbuka.

5. "Saya akan bertemu kamu sesegera mungkin. Aku memikirkanmu!"
Ungkapan ini bisa menjadi pengingat bahwa mereka yang memiliki kecemasan merasa kehadirannya berharga untuk Genhype. Ini juga menjadi opsi alternatif jika mereka belum sempat berbicara dengan orang lain selama beberapa waktu terakhir.

Ajakan ini bisa dikirim bersamaan dengan stiker atau pesan yang positif dan lucu juga lho!

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

9 Karakter Ini Wajib Ada dalam Pasangan Ideal

BERIKUTNYA

Penuh Potongan Kertas, Ini Bocoran DAY6 Even of Day Menjelang Comeback

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: