Pantai Oetune di NTT (Dok. Moto Miri/Instagram)

Bak di Timur Tengah, Ini 5 Spot Wisata Gurun Pasir di Indonesia

22 February 2022   |   09:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai negara yang berada di garis khatulistiwa, Indonesia memang terkenal dengan wisata alamnya yang tropis. Meski begitu, terdapat beberapa spot gurun pasir di Indonesia yang tersebar di beberapa daerah, yang tak jarang menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata.

Hamparan pasir yang luas dan indah, membuat tempat wisata gurun pasir menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Tak perlu jauh-jauh ke negara-negara wilayah Timur Tengah, berikut adalah 5 destinasi wisata gurun pasir di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.
 

1. Gumuk Pasir Parangkusumo (Yogyakarta)

Bicara soal objek wisata padang pasir di Indonesia, banyak orang mungkin akan langsung teringat pada Gumuk Pasir Parangkusumo. Berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, gumuk ini menjadi objek wisata bak gurun yang paling populer di Indonesia.

Baca jugaBerencana Liburan ke Dubai? Ini 6 Peternakan dan Perkebunan Unik yang Harus dikunjungi

Untuk memuaskan hasrat para wisatawan yang datang, pengelola gumuk pasir menyediakan beragam spot foto yang keren. Mulai dari gundukan pasir, pepohonan sampai taman bunga dengan bentuk hati yang Instagramable. Kamu juga bisa menikmati senja atau bermain sandboarding menggunakan papan sewaan. Jika berniat ke sini, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan jangan lupa membawa bekal makanan serta minuman agar tidak dehidrasi.
 

2. Pasir Berbisik Bromo (Jawa Timur)

Jika pada destinasi sebelumnya ada gurun pasir yang menyatu dengan nuansa pantai, di Gunung Bromo ada gurun pasir yang dikelilingi oleh pegunungan bernama Pasir Berbisik. Tempat ini menawarkan hamparan luas pasir di kawasan Bromo yang kerap diincar wisatawan saat berlibur ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Meski sudah ada sejak lama, popularitas Pasir Berbisik ternyata bermula dari sebuah film karya Sutradara Nan Triveni Achnas yang dirilis pada tahun 2001 silam. Film dengan judul yang sama ini dibintangi oleh Christine Hakim dan Dian Sastrowardoyo. Selain jadi lokasi syuting film, Pasir Berbisik juga semakin terkenal karena banyak fotografer yang melakukan hunting foto di sana.

Kalau kamu ingin berkunjung ke Pasir Berbisik, kamu bisa menyewa mobil Jeep yang dilengkapi dengan pengemudi berpengalaman. Ada juga opsi berkeliling naik kuda dengan biaya berkisar puluhan sampai ratusan ribu rupiah. Karena banyaknya orang yang ingin melihat sunrise dan berburu foto matahari terbit, Pasir Berbisik sudah bisa dikunjungi mulai pukul 03.00 WIB dini hari.
 

Dok. Gumuk Pasir/Instagram

Dok. Gumuk Pasir/Instagram

3. Pantai Oetune (Nusa Tenggara Timur)

Wisata gurun pasir Indonesia selanjutnya berada di Pantai Oetune, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Meski sebenarnya objek wisata ini adalah pantai, namun hamparan pasir putihnya yang lembut pasti akan mengingatkanmu pada suasana di Gurun Sahara yang eksotis.

Selain suara deburan ombak, kamu juga akan disambut jajaran pohon lontar yang tumbuh di sekitar pantai. Di beberapa titiknya, kamu bisa menemukan anak-anak setempat yang berkeliling menjajakan buah lontar.

Hanya dengan membayar Rp3.000 sampai Rp5.000 per buahnya, kamu sudah bisa merasakan sedapnya air dan daging buah lontar. Ada juga jajaran lapo atau rumah istirahat khas Pulau Timor yang bisa kamu gunakan.

Pantai Oetune sendiri bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan sewaan atau pribadi. Dari pusat Kota Kupang, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk sampai ke pantai.

(Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Puncak Bogor)
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Tips Implementasi SEO Produk Toko Online di E-Commerce

BERIKUTNYA

Danilla Lebih Cuek Apa Adanya dalam Album Baru Pop Seblay

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: