Ilustrasi toko daring (Sumber gambar: Freepik)

5 Tips Implementasi SEO Produk Toko Online di E-Commerce

21 February 2022   |   22:07 WIB

Dalam menjual produk daring, ada beberapa upaya yang harus dijalankan oleh penjual di dalam e-commerce. Selain memanfaatkan fitur di dalam e-commerce, ada kiat lain yang bisa digunakan dalam meningkatkan penjualan melalui Search Engine Optimization atau SEO untuk mempermudah pencarian produk dari sisi pembeli.

Menurut pakar SEO Frans Fernando, penggunaan SEO bisa mempermudah pencarian produk sekaligus bisa mendatangkan pembeli. Yuk intip 5 tips untuk memanfaatkan SEO dalam produk yang dijual di e-commerce.

 

1. Gunakan nama produk yang mudah dicari

Ketika calon pembeli sedang mencari produk yang ingin dibelinya, nama produk adalah kata kunci pertama yang ditulisnya. Jika nama produk yang ditulis sesuai dengan produk yang akan dijual, maka calon pembeli bisa lebih mudah menemukan produk yang diinginkannya dibandingkan ketika Genhype menggunakan nama yang tidak familiar bagi masyarakat umum.

 

2. Deskripsikan produk sesuai nama

Saat mengetik deskripsi produk, pakai kata-kata kunci yang relevan agar calon pembeli lebih tertarik untuk membeli sekaligus membuat produk yang dijual masuk ke hasil halaman pencarian. Frans menyarankan untuk menggunakan deskripsi yang jelas agar produk bisa tepat sasaran.

 

3. Letakkan tautan toko di media sosial

Salah satu cara untuk mempermudah pemasaran produk yang dijual adalah dengan mencantumkan tautan akun toko di halaman media sosial atau situs daring yang digunakan. Tujuannya bisa membantu meningkatkan jumlah pengunjung, penjualan dan kepercayaan calon pembeli. 

“Menambahkan tautan akun toko Tokopedia di media sosial, serta menautkan ke situs yang relevan dengan produk juga akan mengoptimalkan performa SEO,” jelas Frans. 

 

4. Maksimalkan visual produk 

Selain teks yang relevan dan jelas, dukungan aspek visual melalui foto atau gambar produk bisa membantu meningkatkan jumlah calon pembeli yang berkunjung ke halaman sebuah produk. Dampaknya ada pada urutan penilaian toko di mesin pencarian sebagai imbas dari kesan baik dari calon pembeli dan banyaknya kunjungan. 

“Gunakan foto yang jelas, jernih dan menarik agar calon pembeli merasa terpikat untuk melihat produk Anda,” tutur Frans. 

 

5. Kombinasikan beberapa kata kunci

Setelah menentukan kata kunci yang akan digunakan, mengombinasikan kata kunci yang saling berkaitan pada produk akan semakin memudahkan calon pembeli dalam menemukan barang yang lebih spesifik. Hal ini bisa dilakukan dengan menuliskan jenis produk, merek, dan keterangan (misalnya model/pola, tipe atau warna).


Editor: Gita

SEBELUMNYA

Chatime Daur Ulang Limbah Gelas Plastik Jadi Kain Fiber

BERIKUTNYA

Bak di Timur Tengah, Ini 5 Spot Wisata Gurun Pasir di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: