Pantai Oetune di NTT (Dok. Moto Miri/Instagram)

Bak di Timur Tengah, Ini 5 Spot Wisata Gurun Pasir di Indonesia

22 February 2022   |   09:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Gumuk Pasir Tuntung Karang (Jawa Barat)

Dibandingkan nama gumuk pasir sebelumnya, Gumuk Pasir Tuntung Karang memang masih terbilang baru. Gumuk pasir ini berada di pantai selatan Kabupaten Garut yang kerap mendapatkan julukan Sahara van Garut. Ini berkat tampilannya yang cantik menyerupai Gurun Sahara yang ada di Afrika.

Gumuk Pasir Tuntung Karang berada di Kawasan Wisata Pantai Sayang Heulang dan termasuk ke dalam wilayah administratif Desa Mancagahar. Untuk mencapai objek wisata ini, kamu perlu menempuh perjalanan berkendara selama 3 jam dari pusat Kota Garut.

Untuk masuk ke dalam komplek wisata gumuk pasir, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp7.000 per orang. Tiket ini tentu bisa sekaligus kamu gunakan untuk mengunjungi Pantai Sayang Heulang dan Bukit Teletubbies yang juga berada di kawasan yang sama.
 

5. Gumuk Pasir Sumalu (Sulawesi Selatan)

Dari Jawa, gumuk pasir selanjutnya yang akan kita bahas berada di Toraja. Gumuk pasir dengan nuansa pegunungan ini sekilas akan mengingatkanmu pada keindahan dan eksotisme Rainbow Mountain di Peru.

Gumuk pasir yang bernama Sumalu ini mulanya dikenal sebagai Bukit Pa’buyan. Destinasi ini menawarkan pemandangan perbukitan pasir yang kadang memuncak dan melandai dengan ketinggian berbeda-beda. Adanya perbedaan lapisan warna membuat Gumuk Pasir Sumalu terlihat semakin menarik. Sayangnya, gumuk pasir yang berada di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan ini diinformasikan sudah tutup secara permanen.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

5 Tips Implementasi SEO Produk Toko Online di E-Commerce

BERIKUTNYA

Danilla Lebih Cuek Apa Adanya dalam Album Baru Pop Seblay

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: