Keindahan Gunung Bromo (Sumber foto: unsplash.com/@pukapika)

4 Spot Sunrise Paling Instagrammable di Gunung Bromo

18 June 2024   |   21:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Keindahan alam di Gunung Bromo sudah dikenal oleh wisatawan seluruh dunia, khususnya untuk menikmati suasana terbitnya matahari dalam waktu terbatas. Pelancong lokal maupun mancanegara rela mengeluarkan uang, tenaga bahkan menempuh perjalanan malam hari untuk menikmati suasan pagi buta. 

Dari keindahan sunrise ini, tentunya menjadi kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut. Terutama bagi Genhype yang gemar travelling dan ingin menangkap keindahan momen emas itu dan membagikannya melalui media sosial. 

Baca juga: 6 Kafe Instagrammable di Bogor yang Cocok Buat Berakhir Pekan

Untuk mendapatkan momen terbaik dan hasil foto dan video yang bagus, Genhype perlu memilih lokasi yang tepat di Gunung Bromo yang dapat menampilkan pesona maksimalnya. Untuk itu, berikut rekomendasi empat spot sunrise paling Instagrammable di Gunung Bromo yang paling banyak dikunjungi wisatawan:


1. Bukit KingKong

 

Terletak di ketinggian 2.600 mdpl, Bukit KingKong atau Bukit Kedaluh dapat menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Gunung Bromo, karena tidak terhalangi oleh pagar dan berada lebih rendah dibandingkan dengan spot populer lainnya. Di sini Genhype bisa melihat sunrise, lautan pasir, serta awan kapas yang ikonik. 

Sebagai bonus, pemandangan Gunung Arjuna beserta sebagian Kota Malang juga terlihat dengan jelas dari spot ini. Lokasinya berjarak 2,5 kilometer dari site Penanjakan 1, sehingga lebih mudah diakses karena Genhype hanya perlu berjalan sekitar beberapa menit saja dari tempat parkiran Jeep.


2. Penanjakan 1 View Point 

Berada 170 meter di atas Bukit KingKong, terdapat spot Penanjakan 1 View Point yang merupakan spot foto tertinggi di Gunung Bromo. Tempat ini sering dijuluki sebagai The Famous of Bromo Sunrise, karena sebagian besar dokumentasi Gunung Bromo terkenal diambil dari spot ini. 

Alasannya sederhana, lokasinya sangat luas dan dekat dengan spot-spot lain. Sama seperti Bukit KingKong, spot ini bisa diakses dengan menyewa Jeep jika Genhype menginap di hotel di kawasan Pasuruan dan di sekitarnya. Tersedia juga rute dari Probolinggo dan Malang, meski lebih jauh. 


3. Bukit Teletubbies

 

Bukit ini mendapat namanya karena menyerupai perbukitan yang ditampilkan pada serial anak-anak Teletubbies dan kemiripan beberapa karakteristiknya. Seperti ukuran gundukannya yang kecil-kecil serta dikelilingi oleh padang savana hijau yang sangat elok.

Selain menikmati sunrise, di sini Genhype bisa berjalan-jalan, berpiknik atau berkuda santai untuk menikmati pemandangan. Aksesnya pun cukup banyak, ada dari Kota Malang, Desa Wonokitri Pasuruan, serta pemukiman Cemoro Lawang, Probolinggo. 


4. Bukit Cinta

Jika spot foto lain cukup padat, maka Bukit Cinta dapat menjadi spot foto alternatif yang tak kalah menarik. Berlokasi tidak jauh dari Penanjakan 1, akses ke Bukit Cinta cukup mudah dan pemandangan yang juga mempesona. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Camping di Yogyakarta dengan Pemandangan Instagrammable

Nama dari bukit ini sendiri memiliki cerita yang cukup unik, karena dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai lokasi dalam legenda Roro Anteng dan Joko Seger pertama kali bertemu dan jatuh cinta. Bahkan pada malam harinya, Genhype bisa melihat galaksi Milky Way yang sangat menakjubkan jika cuacanya mendukung.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Pemenang Tony Awards 2024: Sarah Paulson hingga Daniel Radcliffe

BERIKUTNYA

Begini Cerita Awal Mula Keluarga Cemara Dijadikan Pertunjukan Drama Musikal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: