Ilustrasi (Sumber gambar: Pelageia Zelenina/Pexels)

5 Hal Ini Perlu Diperhatikan dalam Membuat Desain Produk Kemasan

17 February 2022   |   20:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Saat menjalankan sebuah usaha, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar produk yang kalian jual terlihat menarik dan meningkatkan penjualan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah desain kemasan produk. Meski tampak tidak terlalu krusial, desain kemasan produk tentu bisa jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Saat ini, sudah banyak desain kemasan produk yang bisa menjadi referensi, mulai dari kemasan simpel yang mempermudah konsumen hingga kemasan yang ramah lingkungan. Agar menarik, berikut 6 tips mendesain kemasan produk yang perlu diperhatikan menurut Go Biz.

Baca juga: 5 Cara Berkarier di Bidang Pengembangan & Desain Produk
 

1. Pilih desain sederhana 

Cara pertama agar kemasan produk menarik adalah dengan membuat desain yang sederhana. Tak hanya tampak minimalis, desain yang sederhana juga membuat proses produksi menjadi tidak sulit sehingga biaya yang dikeluarkan tidak mahal.

Dari segi visual, desain yang sederhana justru terlihat elegan dan berkelas, serta lebih unik dan menarik perhatian. Dengan pilihan warna, ilustrasi, dan jenis huruf yang menarik dilihat mata, kamu bisa menghadirkan desain yang tetap terkesan “wah” daripada membuat desain yang terlalu ramai.
 

2. Sesuaikan desain dengan target pasar

Saat membuat desain, tentunya ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan salah satunya adalah target pasar. Hal ini juga akan menentukan konsep apa yang cocok untuk desain kemasan produk mulai dari pemilihan warna, jenis huruf, logo atau gambar, hingga nanti material yang akan digunakan untuk membuat kemasan tersebut.

Misalnya, target pasar usaha kamu adalah perempuan, kamu bisa menghadirkan desain kemasan yang terasa lebih feminin, dengan memilih warna-warna yang lebih lembut seperti warna-warna pastel. Sementara untuk target pasar laki-laki, kamu bisa memakai warna-warna netral atau warna solid.
 

Ilustrasi (Dok. Kampus Production/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Kampus Production/Pexels)

3. Buat tulisan yang singkat dan jelas

Hal lain yang perlu diperhatikan agar kemasan produk terlihat menarik adalah dengan memperhatikan tulisan yang akan ditaruh di kemasan. Seperti kemasan lain pada umumnya, pasti akan memuat beberapa informasi produk pada kemasan. Dalam menulis informasi produk, usahakan menyusun kalimatnya secara efektif sehingga meski tulisannya singkat, informasinya jelas. 

Misalnya informasi pada kemasan makanan jadi siap konsumsi. Alih-alih menjabarkan seluruh komposisi makanan di kemasan, kamu justru bisa menuliskan kalimat yang singkat seperti nama merek beserta nama menunya. Jika ingin menambahkan keterangan lain, tambahkan informasi yang penting saja seperti informasi “halal” atau tanggal kadaluarsa produk.

Baca juga: Eksis Hampir Satu Dekade, Intip 3 Strategi Toko Retail Kecantikan Ini


4. Buat kemasannya mudah dibuka dan dibawa

Selain menarik secara tampilan, kamu juga bisa mulai memikirkan bagaimana caranya mendesain kemasan produk yang fungsional. Dengan kata lain, selain bisa menjaga produk, kemasan tersebut juga aman serta mudah dibawa dan dibuka oleh konsumen.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, karakteristik produk yang akan dikemas, apakah mudah rusak atau pecah misalnya, serta ukurannya juga harus dipertimbangkan. Kedua, minat konsumen itu sendiri. Dua informasi ini akan membantu kamu dalam memilih desain kemasan yang paling sesuai.


5. Pilih bahan yang tepat

Tidak semua bahan cocok digunakan untuk mengemas suatu produk. Contoh bahan styrofoam biasa tidak bisa dipakai membungkus cairan atau makanan berkuah karena berpotensi rembes atau bocor.

Salah satu jenis bahan kemasan yang sangat disarankan sekarang adalah packaging makanan yang ramah lingkungan. Tujuannya jelas untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan, termasuk mengurangi limbah kemasan itu sendiri. Kemasan ramah lingkungan juga menjadi daya tarik bagi sebagian besar konsumen sekarang karena menunjukkan citra baik dari produk dan usaha kamu.

Baca juga: Ingin Jadi Desainer Produk? Cek 5 Tahapan Penting untuk Pemula Ini

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Andien Akan Adakan Pertunjukan Melodi Monolog: Dan Lalu

BERIKUTNYA

Bangga! Batik Jadi Incaran Kolektor Dunia di Expo 2020 Dubai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: