ILustrasi kiat berbisnis/freepik

Tak Percaya Diri untuk Mulai Berjualan? Baca Buku Ini

27 November 2021   |   18:50 WIB

Semua orang memiliki kemampuan untuk menjual karena selling merupakan talenta yang dimiliki oleh setiap manusia. Talenta ini suatu keniscayaan, sebab manusia adalah makhluk yang bertumbuh baik secara fisik, afeksi, dan kognisi, sehingga talenta tersebut harus digandakan atau diasah.

Inilah salah satu ide dari buku berjudul Selling Is  Everybody Business: A Total Solution Approach dari Hendrik Lim, seorang enterpreneur, pelatih dan pembicara tingkat nasional di berbagai seminar. Buku terbitan Grace Wisdom Publisihing ini cetakan pertamanya terbit pada Oktober 2021.

Buku ini menggunakan bahasa yang baik dan pola penulisan populer, sehingga mudah dimenegerti karena cukup enak dibaca. Ini tentu karena penulis sudah terbiasa dengan dunia tulis-menulis.

Buku tersebut mengupas soal hakikat dari apa yang disebut selling itu. Kemampuan selling, menurut Lim, adalah prerequisite of life, prasyarat agar kehidupan seseorang berkualitas. Dengan kata lain, agar sesorang bertumbuh atau naik kelas dalam kehidupan, kemampuan selling harus dikembangkan.

Dengan demikian, menurutnya, menjual itu urusan semua orang. Selling is everybodi's Business, apapun latar belakang atau profesi seseorang. Salah satu contoh adalah politisi yang berhasil memenangi simpati publik adalah orang yang mampu menjual program saat berkampanye.
 
Selling Is Everybody Business: A Total Solution Approach
Adapun kunci agar seseorang sukses dalam menjual ide, gagasan, jasa atau produknya adalah mental dan teknik persuasi. Mental menjadi kunci dalam menawarkan gagasan atau produk. Harus ada sesuatu keyakinan yang kokoh kalau produk, jasa atau gagasan yang dijual itu sungguh hebat.

Adapun teknik persuasi, menurut Lim, penjual harus paham betul tentang teknik meyakinkan prospek sehingga tidak ada keraguan, penundaan dan alasan lainnya. Artinya bila konsumen sudah yakin, langsung masuk untuk 'kunci' dalam bentuk closing. Menurutnya, deal harus terjadi, karena kalau tidak, yang rugi bukan hanya pemilik ide atau produk, tapi kedua belah pihak.

Lim dalam buku itu juga menekankan perlunya pengulangan dalam bentuk latihan. Repeticio mater studiorum est; pepatah latin yang menunjukkan pentingnya latihan.

Lim dalam buku Selling Is  Everybody Business: A Total Solution Approach juga membahas soal penjualan antar perusahaan (B2B selling) melalui pendekatan total solution. Tim penjualan tidak lagi hanya mengandalkan sebagai amunisi untuk memenangi pelanggan dan bisnis, sales engineer maju dengan segenap resources, kompetensi, keunggulan produk, network dan akses yang dimiliki perusahaan.
 

SEBELUMNYA

MAMAMOO Bakal Rilis Film Debut pada 3 Desember 2021

BERIKUTNYA

Rahmania Astrini Tampil Beda di Single Terbaru berjudul Butterfly

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: