Ilustrasi pengembangan produk. (Sumber gambar: Alvaro Reyes/Unsplash)

5 Cara Berkarier di Bidang Pengembangan & Desain Produk

21 March 2022   |   12:56 WIB

Salah satu jenis karier yang kini mulai banyak dicari dari perusahaan adalah pengembangan dan desain produk. Bidang ini mulai banyak dicari di berbagai perusahaan dan start-up yang bergerak di bidang teknologi, khususnya yang memiliki produk digital seperti situs dan aplikasi.

Beberapa profesi yang terkait dengan pengembangan dan desain produk di bidang teknologi adalah desainer produk, peneliti User Experience (UX), dan pemrogram. Untuk mempersiapkan karier di bidang ini, ada lima cara yang bisa kalian ikuti lho!

 

1. Belajar keterampilan dasar

Sebagai seorang desainer produk, belajar kebutuhan pengguna dan berpikir analitis dalam memproses data adalah keterampilan dasar yang harus diketahui oleh seorang pengembang dan desainer produk. Hal ini bertujuan agar pembangunan produk bisa lebih relevan dan menarik bagi konsumen.

 

2. Perluas pengetahuan

Sebagai pengembang dan desainer produk, pengetahuan terkait dengan ilmu perilaku, industri, dan perkembangan produk bisa jadi referensi dalam mengembangkan sebuah produk digital. Dengan berbagai pengetahuan tersebut, produk yang akan dibuat bisa terlihat lebih unik sebagai hasil kombinasi ilmu dan keahlian yang dituangkan di dalamnya.

 

3. Kolaborasi

Pengembangan produk dengan keterampilan kolaborasi bersama banyak pihak bisa jadi kunci untuk menciptakan produk yang menarik. Selain mengembangkan kerja tim, kolaborasi juga bisa jadi cara untuk menghasilkan sebuah produk yang menjawab kebutuhan konsumen atas dasar pemikiran dari berbagai kepala.

 

4. Komunikasi

Selain ide dan kemampuan pengembangan, seorang pengembang dan desainer produk juga harus bisa berkomunikasi agar produk yang dibuat bisa sesuai dengan target pasar yang ingin dituju, serta ide-ide yang ingin disampaikan bisa dipahami orang lain dan menjadi nyata.

 

5. Ikut komunitas dan pelatihan

Tidak hanya belajar berbagai teori, praktik juga harus tetap dikembangkan dengan bekerja di dalam komunitas dan mengembangkan diri melalui pelatihan. Tujuan dari dua hal ini adalah agar keterampilan yang diasah bisa dipahami dan disesuaikan dengan aplikasi di dunia kerja. 

Beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mempraktikkan kemampuan ini adalah kursus, magang, kompetisi, lokakarya, dan pelatihan non-formal.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Berkisah Tentang Susahnya Jadi Ortu Baru, Film Baby Blues Wajib Masuk Watchlist Kalian

BERIKUTNYA

7 Minyak Ini Bisa Dipakai untuk Menggoreng

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: