Pemasaran digital (unsplash)

4 Keuntungan yang Pasti Dinikmati dari Pemasaran Digital

24 October 2021   |   12:06 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Pada era yang serba digital seperti sekarang ini, menjalankan bisnis juga harus turut mengikuti perkembangan zaman. Menggunakan cara pemasaran digital, atau digital marketing, menjadi penting agar bisnis yang dijalankan tetap up-to-date dan bisa bersaing di pasar secara terbuka.

Mengutip publikasi Baktikominfo.id, digital marketing adalah serangkaian proses atau langkah atau juga cara yang dilakukan seseorang untuk memasarkan apa yang ia miliki, baik berupa komoditas barang atau jasa, melalui kanal media digital. Pemasaran konvensional seperti melalui iklan di baliho, atau koran, atau lainnya berbeda dengan cara yang satu ini.

Perbedaan utama tentu terletak pada kanal yang digunakan serta audiens yang mendapatkan paparan pemasaran yang dilakukan. Jika pemasaran konvensional menggunakan media arus utama, media yang digunakan untuk digital marketing adalah media baru dengan memanfaatkan jaringan internet.

Selain itu, dengan penggunaan metode digital ini seseorang juga dapat mencapai target audiens yang lebih luas dan spesifik secara bersamaan.
Berikut beberapa keuntungan digital marketing.
 

Pasar yang Luas

Seperti yang disebutkan pada bagian awal, bahwa digital marketing membantu Anda memasarkan produk atau mengiklankannya pada pasar atau audiens yang lebih luas. Hal ini terjadi karena ketika konten pemasaran yang Anda miliki sudah diedarkan di dunia maya, semua yang terhubung ke internet dapat melihat konten tersebut dan berpotensi menjadi pelanggan Anda.

Mengingat cakupan jaringan internet dan akses yang bisa dilakukan di seluruh dunia, hal ini tentu angin segar untuk mengenalkan produk yang Anda miliki. Dengan metode pemasaran ini, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas pada waktu yang relatif singkat. Efektivitas ini didukung oleh konsep jaringan internet yang real-time sehingga dapat membawa keuntungan besar untuk Anda.
 

Audiens yang Tepat

Dengan konsep yang matang, digital marketing tidak hanya akan memberikan kesempatan besar untuk meraih pasar yang luas, namun juga pasar yang tepat sasaran. Ceruk yang tersedia di dunia tentu sangat beragam. Dengan menentukan kriteria pengguna kanal baru ini, Anda bisa menyasar pasar yang sesuai dengan target dari produk Anda.

Mendapatkan ceruk pasar yang tepat dapat membantu produk Anda berkembang lebih pesat. Analisa ini bisa dilakukan oleh seorang ahli mesin pencarian, sehingga memberikan perlakuan pada konten pemasaran yang Anda miliki untuk dapat ditampilkan pada audiens yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Kebiasaan menggunakan media serta aktivitas penggunaan media dapat terbaca, dan memudahkan kategorisasi konsumen.
 

Biaya Pemasaran Efektif

Beriklan atau melakukan aktivitas promosi dan pemasaran selalu membutuhkan alokasi sumber daya yang tidak kecil. Untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, tak hanya produk Anda wajib menjadi penyelesai masalah namun juga dipromosikan dengan menarik sehingga pasar akan memberikan perhatian.

Dengan biaya yang cenderung murah dibandingkan penggunaan media arus utama, digital marketing sangat cocok untuk perusahaan berskala kecil yang baru terjun ke dunia bisnis. Kreativitas dari pembuat konten promosi juga dapat difasilitasi dengan maksimal, sehingga konten yang akan digunakan untuk mempromosikan produk menjadi lebih optimal.
 

Promosi yang Optimal

Lantaran pemasaran digital sekarang menjadi metode paling diandalkan dalam melakukan promosi, tentu persaingan di dunia bisnis juga semakin ketat. Kreasi konten yang digunakan semakin liar dan unik, dalam rangka mencuri perhatian dari calon konsumen dan pasar. Tidak jarang penggunaan metode ini juga dipadukan dengan penggunaan metode lain, sehingga pemasaran yang dilakukan berjalan secara optimal baik di sisi digital maupun konvensional.

Mengingat iklim dunia bisnis yang keras, inovasi harus terus dilakukan oleh pelaku industri agar tetap dapat survive dan berkembang. Satu dan lain hal, digital marketing sangat mendukung perkembangan industri secara umum. Namun di waktu yang sama, pelaku industri juga harus memenuhi tuntutan yang terus meningkat sehingga dapat bersaing dengan sehat di dunia tersebut.
 
Aktivitas pemasaran memang sebuah topik yang tidak akan habis dibahas. Untuk tetap mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan pasar, pelaku industri seperti Anda dituntut untuk terus melakukan gebrakan baru, memiliki core value yang kuat, serta karakter yang unik untuk mendapatkan pasar yang baik serta mengelolanya, di saat yang bersamaan.

Digital marketing memang banyak menjadi pilihan utama dari pelaku industri. Namun demikian, tidak berarti aktivitas pemasaran konvensional menjadi tidak digunakan. Untuk mendukung aktivitas pemasaran yang optimal, keduanya perlu dilakukan secara berkesinambungan agar dapat menjaga perhatian yang sudah didapatkan pada pasar yang tersedia. Maintenance pasar juga perlu dilakukan, agar ceruk yang sudah dimiliki bisa terjaga dan menjadi konsumen loyal.
 
SEBELUMNYA

20 Wabah Penyakit yang Mencekam di Dunia selain Covid-19

BERIKUTNYA

Mirip Serial Squid Game, Netflix Tanggapi Adegan Sinetron Dari Jendela SMP

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: