ilustrasi kardus eco friendly (sumber gambar : Alvaboard)

Melihat Peluang Bisnis Kardus Eco Friendly

24 December 2022   |   16:06 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang kerap berbelanja produk secara online pasti sering menerima paket yang dikemas menggunakan kardus. Biasanya kardus ini tidak bisa digunakan kembali dan dibuang begitu saja menjadi sampah. Pastinya hal ini membawa dampak negatif bagi lingkungan. 

Sebab, tanpa disadari kardus yang dibuang tersebut meninggalkan jejak karbon yang berdampak pada pemanasan global pemanasan global, terutama jika proses pengelolaan sampahnya tidak ditangani dengan baik. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat, sampah nasional Indonesia pada 2021 telah mencapai 68,5 ton.

Baca juga: Beralih ke Produk Ramah Lingkungan Yuk, Ini 4 Rekomendasi dari Eiger

Pasalnya, kardus konvensional tersebut umumnya menggunakan lapisan plastik yang sulit didaur ulang. Untuk mengatasi hal tersebut, Alden Lukman mengembangkan kardus eco-friendly ALVAboard yang ramah lingkungan pengganti kardus sekali pakai yang terbuat dari 100 persen daur ulang plastik, food grade, tetapi juga tahan air.

Alden Lukman, CEO PT Alpha Gemilang Makmur mengatakan penggunaan kardus eco-friendly ALVAboard ini dapat menjadi alternatif pengganti kardus konvensional, yang diyakini dapat mengurangi sampah paket.
“Tanpa harus menggunakan pembungkus berlapis, karakteristik kardus eco-friendly ALVAboard yang sudah tahan air dan anti sobek sudah dapat digunakan sebagai kemasan yang aman,” ujarnya.

Para pelanggan yang menerima paket dengan kemasan kardus eco-friendly ALVAboard ini juga dapat memaksimalkan penggunaannya untuk digunakan kembali sebagai kemasan pengiriman, dan atau sebagai tempat penyimpanan.

Ada beberapa jenis kardus yang diproduksi Alvaboard mulai dari kardus serbaguna, alvaboard box hot & cool, kardus piza, kotak hampers, kardus pengiriman, kardus box sepesial, dan berbagai macam jenis packaging lainnya adapun range harga mulai dari Rp950.

Selain dapat digunakan kembali untuk pengiriman paket, kardus eco-friendly ALVAboard juga bisa dijadikan tempat penyimpanan barang, untuk menggantikan kardus lama yang sudah rusak atau terkena rayap.

Baca juga: 7 Brand Indonesia yang Menerapkan Sustainable Fashion, Yuk Pakai Produk Ramah Lingkungan!

“Para penggunaan di rumah tangga pun biasanya menggunakan produk ini sebagai tempat penyimpanan di gudang. Selain itu, ALVAboard juga siap membeli kembali kardus bekas customer untuk menghindari waste berakhir di TPA dan tidak dikelola dengan baik” ujarnya.

Selain menyediakan kardus daur ulang untuk mendukung pengurangan sampah pada aktivitas e-commerce, cara lain mengurangi sampah kardus juga dilakukan oleh Kamibox yang menjalin kerjasama dengan Ninja Xpress.

Sejak 2020, Kamibox dan Ninja Xpress sudah mengumpulkan lebih dari 160.000 kilo sampah kardus dan karung untuk didaur ulang. Menurut data Kamibox, upaya pengumpulan dan pendaurulangan sampah ini diperkirakan telah memberikan dampak positif terhadap lingkungan, yaitu telah menyemalatkan lebih dari 400 pohon, pengurangan sekitar 400 ton gas CO2, pengurangan kebutuhan lebih dari 20.000 m3 lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), penghematan sekitar 900.000 kWh energi, dan hingga 11.000 kiloliter air. 

Dalam sekali penjemputan ke gudang Ninja Xpress yang dilakukan setiap minggu, Kamibox dapat mengangkut sekitar 500 - 800 kg sampah kardus dan karung. Sampah yang terkumpul kemudian akan dikirimkan ke pabrik daur ulang untuk diproduksi menjadi lembaran kardus atau karung baru lagi.

Kamibox hingga saat ini sudah bekerjasama dengan tiga hingga empat pabrik daur ulang yang ada di Jakarta untuk mengolah sampah - sampah tersebut.

Lie Mangkusatya, Direktor Kamibox mengatakan bahwa pihaknya siap membantu mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengambil langkah pengurangan sampah yang berkelanjutan. “Dengan kerjasama ini maka sampah yang masuk ke TPA akan berkurang, apalagi daya tampung TPA kian hari makin terbatas,” ujarnya.

Setelah berhasil mendaur ulang 160.000 kilogram sampah selama tiga bulan terakhir, Ninja Xpress bersama Kamibox juga menularkan semangat peduli lingkungan kepada para shipper Ninja Xpress dengan mengajak mereka mengirimkan sampah untuk didaur ulang.

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan selain didaur ulang, sampah yang sudah dikumpulkan ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pelatihan ibu-ibu bank sampah di berbagai lokasi di Jakarta sekaligus dapat menjaga lingkungan lebih baik lagi.

Baca juga: Ternyata, Konsumen Masih Pertimbangkan 2 Hal Ini Sebelum Beli Baju Ramah Lingkungan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Lukisan Ikonik tentang Yesus, dari Karya Leonardo da Vinci hingga El Greco

BERIKUTNYA

Bisnis Kuliner Susah Naik Kelas? Coba Cek 6 Blind Spot Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: