Ilustrasi (Photo by Mikhail Nilov from Pexels)

10 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Clean Eating

07 January 2022   |   13:45 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

5. Hindari minyak sayur dan margarin


Minyak nabati dan margarin tidak memenuhi kriteria makan bersih karena produk ini diproduksi melalui ekstraksi kimia. Beberapa minyak juga mengandung asam linoleat lemak omega-6 tingkat tinggi yang berpotensi meningkatkan risiko penambahan berat badan dan penyakit jantung

Meskipun clean eating mendorong kita untuk mengurangi konsumsi minyak, tubuh tetap membutuhkan lemak sehat dalam jumlah sedang. Ini bisa kalian dapatkan dari ikan berlemak, kacang-kacangan, dan alpukat. Jika tidak bisa menghindari minyak nabati sepenuhnya, pilihlah minyak zaitun.


6. Hindari gula


Sangat penting untuk menghindari tambahan gula jika kamu akan mencoba clean eating. Namun, gula tambahan sangat umum—dan bahkan ditemukan dalam makanan yang tidak terasa terlalu manis, seperti saus dan bumbu.

Tergantung pada kesehatan masing-masing, konsumsi gula alami seperti madu dapat dilakukan pada pola clean eating. Namun jika kalian menderita diabetes, sindrom metabolik, atau masalah kesehatan serupa hindari semua bentuk gula pekat—termasuk yang berasal dari sumber alami.


7. Batasi konsumsi alkohol


Alkohol dibuat dengan menambahkan ragi ke biji-bijian, buah-buahan, atau sayuran yang dihancurkan dan membiarkan campurannya berfermentasi. Asupan moderat jenis alkohol tertentu—terutama anggur—dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun, konsumsi alkohol yang berlebihan terbukti meningkatkan peradangan dan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.


8. Hindari konsumsi makanan ringan di kemasan


Biskuit, granola batangan granola, muffin, dan makanan ringan serupa biasanya mengandung biji-bijian olahan, gula, minyak sayur, dan bahan tidak sehat lainnya. Makanan olahan ini memberikan sedikit nilai gizi.

Untuk menghindari cemilan tidak sehat kala lapar di antara waktu makan, pastikan kamu menyiapkan camilan sehat seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.


9. Minum banyak air putih


Air putih adalah minuman paling sehat dan paling alami yang bisa kalian nikmati. Air tidak mengandung aditif, gula, pemanis buatan, atau bahan yang meragukan lainnya. Air juga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan juga dapat membantu mencapai berat badan yang sehat.


10. Pilih sumber protein dari hewan yang dibesarkan secara etis


Selain makanan segar yang belum diproses, clean eating melibatkan pemilihan makanan yang berasal dari hewan yang dipelihara secara etis. Ternak sering dipelihara di pabrik peternakan yang padat dan tidak sehat. 

Hewan biasanya diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi dan disuntik dengan hormon seperti estrogen dan testosteron untuk memaksimalkan pertumbuhan. Daging dari hewan yang dibesarkan secara manusiawi seringkali lebih baik untuk kesehatan dan planet ini secara keseluruhan.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

UniPin Siapkan Turnamen Esports Perempuan Tingkat Dunia 

BERIKUTNYA

Ashanty Positif Covid-19 Usai Liburan di Turki, Gejalanya Batuk & Pilek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: