Ilustrasi (Dok. Angele J/Pexels)

6 Tips Mudah Jalankan Pola Makan Clean Eating

25 January 2022   |   15:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Clean eating mengatur cara hidup dan pemilihan makanan untuk dikonsumsi. Prinsip dasar pola makan ini adalah mengonsumsi makanan dari bahan segar yang tidak melalui banyak proses pengolahan seperti sayuran, buah-buahan, daging rendah lemak, biji-bijian, serta lemak sehat.

Para penganut eat clean mempercayai konsep you are what you eat, yakni makanan yang sehat tidak hanya memberi manfaat pada tubuh yang sehat tetapi juga kualitas hidup yang lebih baik. 

Alasan utama untuk menjalani pola clean eating adalah manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi, karena belum mengalami banyak proses.

Mengutip dari Mayo Clinic, Selasa (25/1/2022), pola makan yang bersih bisa menyehatkan tubuh dengan makanan sehat dan padat nutrisi.

Ada beberapa manfaat dari pola clean eating yakni meningkatkan kesehatan jantung dan otak, membantu manajemen berat badan, membangun sistem kekebalan yang lebih kuat, serta meningkatkan energi dalam tubuh.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi dalam pola clean eating seperti buah segar, sayuran, daging tanpa lemak atau protein, makanan biji-bijian dan produk susu.  Bagi kamu yang ingin mencoba eat clean, berikut beberapa kiat sederhana menurut Halodoc.
 

1. Makan 5-6 kali sehari


Konsep makan 5-6 kali dalam sehari ini maksudnya tiga kali makan besar dan sisanya mengonsumsi camilan. Makanan yang bisa kamu konsumsi seperti protein tanpa lemak, buah, sayuran, dan sedikit karbohidrat agar tubuh tetap berenergi dan membakar kalori secara efisien.


2. Memilih bahan makanan organik


Bahan makanan organik mengandung sedikit bahan kimia sehingga dengan mengonsumsi makanan organik bisa meminimalisir paparan bahan kimia ke dalam tubuh. Selain itu, makanan organik juga cenderung segar, tahan lama dan tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan.
 

Ilustrasi (Dok. Bakd&Raw by Karolin Baitinger/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Bakd&Raw by Karolin Baitinger/Unsplash)

(Baca juga: Bahas Tren Clean Eating & Isu Mental Health, Hypeabis.id x Brawijaya Hospital Saharjo Gelar Edukasi Kesehatan)


3. Minum dua liter air per hari


Minum air putih juga termasuk tips clean eating yang perlu dilakukan. Sebaliknya, hindari minuman bersoda, kopi, teh serta minuman berperasa.


4. Mengonsumsi makanan segar


Biasakan konsumsi makanan segar seperti sayuran atau ikan. Makanan dalam kondisi segar akan memberikan manfaat nutrisi dan vitamin yang maksimal bagi tubuh.


5. Nutrisi bukan kalori


Saat menjalani clean eating, jangan pikirkan pentingnya kalori yang masuk ke dalam tubuh, tetapi pikirkan dengan kandungan nutrisi yang ada pada setiap makanan yang kamu konsumsi.


6. Porsi makan


Jangan makan terlalu banyak atau jangan makan terlalu sedikit juga. Perhatikan porsi makan untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi yang tepat untuk tubuh.
 

Dok. Hypeabis.id

Dok. Hypeabis.id

Kalau Genhype ingin tahu lebih detail mengenai clean eating, bisa ikut kelas edukasi kesehatan dari Brawijaya Hospital Saharjo yang diselenggarakan secara hybrid pada Kamis, 27 Januari 2022 pukul 09.00-11.30 WIB.

Menghadirkan Dokter Spesialis Gizi dari Brawijaya Hospital Saharjo, Melyarna Putri, kamu bisa mendapatkan edukasi seputar clean eating langsung dari ahlinya, sekaligus melakukan konsultasi kesehatan seputar gizi.

Selain itu, kamu juga mendapatkan kesempatan pemeriksaan gratis Body Composition Analysis dari Brawijaya Hospital Saharjo, Voucher Free Medical Check Up dari Brawijaya Hospital Saharjo, produk Lemonilo, dan free consultation dari Teman Bincang, serta banyak giveaway untuk partisipan yang hadir langsung.

Untuk kalian yang tertarik mengikuti kelas kesehatan ini dapat mendaftarkan diri melalui tautan berikut ini. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor kontak 082244676114 melalui Whatsapp.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

3 Langkah Memilih Tirai Jendela yang Tepat

BERIKUTNYA

Google Documents Hadirkan Fitur Watermark

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: