Ilustrasi bersepeda (dok: Rodalink)

Catat, Ini 5 Kota di Indonesia yang Punya Rute Gowes Asik dan Ramah Pesepeda

16 December 2021   |   14:55 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

3. Yogyakarta

Yogyakarta (dok: Rodalink)

Yogyakarta (dok: Rodalink)

Di kalangan pesepeda, Kota Yogyakarta dikenal mempunyai banyak rute bersepeda yang syahdu karena banyak mengarah ke area persawahan dan pegunungan yang hijau. Sejumlah operator cycling tour pun kini tersedia di Yogyakarta untuk memandu pesepeda ke rute-rute syahdu nan menantang tersebut.

Salah satu rute bersepeda yang sedang hits di Yogyakarta, adalah Gebelk Pari di Nanggulan, Kulonprogo. Rute dengan hamparan sawah ini dikenal sebagai rute favorit para pesepeda di Yogyakarta.

Selain Geblek Pari, riders juga bisa lho merasakan magisnya bersepeda di Yogyakarta dari sekitaran alun-alun Yogyakarta hingga kawasan Malioboro yang kini sudah disulap jadi area ramah bersepeda.

Pemda setempat pun telah sejak lama mengakomodasi ekosistem bersepeda yang sudah ada di Yogyakarta sebelum booming sepeda meledak. Sudut-sudut kota di Yogyakarta dirancang mudah disambangi dengan sepeda dan di beberapa tempat pun disediakan parkir khusus sepeda.

4. Bandung

Bandung (dok: Rodalink)

Bandung (dok: Rodalink)
 

Kota Kembang juga punya ekosistem sepeda yang baik. Cuaca sejuk kota Bandung membuat kegiatan bersepeda lebih klop dilakukan di Bandung. Memulai perjalanan bersepeda dari alun-alun Kota Bandung, pesepeda bisa menemukan berbagai landmark kota dengan gaya old school yang pas untuk diposting di media sosial Lho.

Sebut saja, Museum Konferensi Asia-Afrika, kemudian Jalan Braga yang penuh dengan bangunan kuno bergaya Eropa, Gedung Sate yang bersejarah dan kini jadi kantor Pemprov Jawa Barat, dan terakhir bisa menikmati sejuknya Taman Lansia yang ada di belakang Gedung Sate. 

Bandung dan sekitarnya juga menawarkan bentang alam yang syahdu bagi pesepeda. Komunitas sepeda di Bandung pun sangat aktif dalam berkegiatan, sehingga menambah atmosfer bersepeda yang dikenal juga melahirkan sejumlah atlet balap sepeda nasional itu.

5. Solo

Solo (dok: Rodalink)

Solo (dok: Rodalink)

Sarana transportasi yang tertata dengan baik di Kota Solo, membuat kegiatan bersepeda disana pun semakin asyik. Solo bahkan tercatat pemegang penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk tata transportasi terbaik 9 kali berturut-turut. Tak perlu khawatir bersepeda di Kota Solo karena sudah tersedia lajur sepeda dan tempat parkir sepeda yang membuat kegiatan bersepeda semakin aman.

Editor: M R Purboyo
 
1
2


SEBELUMNYA

Inilah 6 Karya Terpilih Tampil di Parade Pertunjukan Seni Media Baru 2021

BERIKUTNYA

Gen Z Bisa Banget Lho Bisnis Bermodal Smartphone, Begini Caranya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: