Ilustrasi olahraga lari (dok. unsplash)

3 Cara Aman Berolahraga di Masa Pandemi

11 September 2021   |   13:23 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi, masyarakat disarankan untuk dapat menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Sebab, meskipun angka penularan Covid-19 terus menurun dan pemberian vaksinasi terus meningka,t tetapi kita juga harus terus menjaga protokol kesehatan dan menjaga imunitas dengan melakukan latihan fisik ya.

Pasalnya, jika hanya terus rebahan di rumah atau menerapkan lifestyle sedentary yang kurang gerak, justru akan menyebabkan imunitas jadi melemah. Untuk itulah di pasa pandemi ini kita dianjurkan untuk menyempatkan waktu berolahraga, atau beraktivitas fisik seperti berlari atau bersepeda. 

Lantas, bagaimana ya cara melakukan olahraga lari dan sepeda di masa pandemi ini agar tetap aman? Pakar Kesehatan Dr. Andhika Raspati, SpKO, memberikan sejumlah tips nih.

1. Jaga Jarak
Andhika mengatakan bahwa masyarakat harus tetap menjaga jarak ketika melakukan olahraga. Paling bagus memang dilakukan di rumah masing-masing, tetapi jika dilakukan di luar ruangan, maka hindari kerumunan dan tetap menjaga jarak untuk menghindari penularan virus Covid-19.

2. Menjaga Beban Latihan
Saat berolahraga, masyarakat harus menyesuaikan dengan kemampuan tubuh, jangan terlalu berat atau berlebihan karena malah akan membuat tubuh menjadi drop.

“Olahraga jangan terlalu di gaspol, apalagi jika makanan dan nutrisinya kurang. Karena olahraga yang tidak didampingi dengan recovery yang baik justru akan membuat imun turun,” ungkapnya.

3. Olahraga Outdoor
Menurutnya jika akan melakukan olahraga outdoor seperti lari atau berspeda, maka kita tetap harus menjaga kebersihan tangan dan menggunakan masker. Olahraganya pun harus diatur intensitasnya  mulai dari slow dulu larinya baru ditingkatkan pelan-pelan.

“Lalu sehabis bersepeda atau berlari maka langsung pulang, jangan nonkrong-nongkrong dulu karena bisa jadi malah akan menimbulkan cluster baru penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Asyik! Girl Group aespa Akan Rilis 3 Versi Remix Lagu Next Level

BERIKUTNYA

Simak Resep & Tips Membuat Smoothie Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: