Ilustrasi bersepeda di jalanan umum. (Dok. Nomadic Julien dari Unsplash)

Hari Sepeda Sedunia, Simak 11 Tips Tingkatkan Kepercayaan Diri saat Bergowes

03 June 2021   |   09:34 WIB

Salah satu alternatif transportasi yang lebih sehat dan lebih nyaman adalah dengan bersepeda. Transportasi ini memang membuat Genhype akan tetap berada di luar ruangan tapi dengan ini kalian juga bisa terhindar dari kemacetan jalan raya.

Berkendara dengan sepeda memang punya manfaat yang baik mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga bisa membuat seseorang memenuhi nutrisi vitamin D hariannya.

Akan tetapi, seringkali pesepeda mengalami kendala ketika harus berkendara di jalan raya umum karena berbagai aturan yang membatasi ruang gerak mereka.

Inilah yang kemudian membuat sebagian dari Genhype ragu untuk mulai bersepeda di jalan raya umum. Dikutip dari Stylist, ini 11 tips untuk meningkatkan kepercayaan diri saat bersepeda di ruang publik buat Genhype yang masih pemula.

1. Investasikan helm sepeda yang layak
Aturan utama dalam bersepeda adalah menggunakan helm untuk mencegah berbagai kecelakaan yang bisa saja terjadi kapan saja dan di mana saja.

Ini diperkuat dengan sebuah studi dari International Journal of Epidemiology yang menunjukkan bahwa menggunakan helm sepeda bisa mengurangi risiko cedera pada kepala dan wajah hingga 70%.

2. Mulai dari kawasan bukan jalanan
Kalau sudah tahu prosedur keselamatan sebelum bersepeda tapi masih takut untuk melakukannya di jalanan, Genhype bisa mulai dari bersepeda di kawasan publik seperti taman umum, jalanan sekitar rawa, jalur hijau khusus sepeda, dan lapangan. 

Bersepeda di jalan raya dengan kondisi ragu enggak hanya berbahaya untuk Genhype, tapi juga pesepeda lainnya.

3. Coba bersepeda di hari Minggu
Jalanan di hari Minggu cenderung lebih tenang dan lebih diam dibanding hari-hari lainnya, sehingga ini bisa Genhype manfaatkan untuk mulai bersepeda di jalan raya.

Jangan lupa untuk rencanakan rute perjalanan di Minggu pagi ya! Sekadar informasi saja, semakin pagi Genhype keluar maka opsi jalur bebas lalu lintas juga semakin banyak.

4. Pakai jalur jalanan, bukan di pinggirnya
Bersepeda di jalan lebih aman dibanding kalau melakukannya di bagian pinggir jalan yang langsung berbatasan dengan jalur pejalan kaki. Ini juga ada kaitannya dengan keselamatan saat berkendara, terutama risiko kecelakaan.

Jadi, coba gunakan jalur jalanan sehingga ketika ada mobil yang melewati area sepeda, Genhype masih punya ruang untuk menghindar dari mobil tersebut.

5. Gunakan fitur peta untuk perencanaan rute
Aplikasi peta untuk merencanakan rute bersepeda seperti Strava dan Google Maps bisa Genhype pakai untuk merencanakan perjalanan, mengetahui rute terpopuler, hingga mengetahui jarak dari rute yang didapat.

Kehadiran aplikasi ini juga bisa membantu untuk mengetahui adanya jalur alternatif serta tahu adanya gangguan lho.

6. Cari jalur sepeda terpisah
Jalur sepeda terpisah dari kendaraan lain memiliki opsi rute yang lebih sesuai bagi pesepeda. Jalur seperti ini belum ada meski di Indonesia, meski Jakarta menyediakan jalur khusus sepeda sepanjang 63 kilometer. 

Akan tetapi beberapa pihak menyebutkan jalur tersebut masih belum sesuai dengan prosedur yang seharusnya.

7. Pakai baju yang terang dan reflektif terhadap cahaya
Menjadi terlihat di jalanan juga jadi kunci keselamatan saat bersepeda lho! Ini bisa dilakukan dengan memakai pakaian yang terang ketika disinari cahaya baik dari lampu jalanan maupun dari lampu kendaraan.

Enggak hanya itu, memasang lampu pada badan sepeda juga bisa mempermudah pandangan ketika bersepeda, lho!

8. Bawa pakaian ganti
Setelah bersepeda, mungkin pakaian akan terasa lebih basah karena keringat dengan kecepatan apapun. Jadi, bawa sepasang pakaian ganti sehingga Genhype bisa ganti baju sesaat sampai di tujuan, terutama kalau kalian berkendara dengan sepeda untuk bepergian ke kantor.

9. Bersepeda bukan perlombaan
Jangan jadikan bersepeda sebagai suatu perlombaan, di mana menerobos lampu lalu lintas atau berkendara dengan kecepatan tinggi bisa berisiko pada keselamatan. Jadi, santai saja ketika bersepeda ya, Genhype!

10. Gunakan pelindung kulit saat bersepeda
Bersepeda berarti Genhype siap terpapar oleh sinar matahari maupun hujan, sehingga perlu untuk menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya dan pakaian kedap air. Bersiap di cuaca apapun penting saat bersepeda, jadi jangan lupa persiapkan perlindungan sebelum berangkat!

11. Ambil kursus keahlian bersepeda
Kursus seperti ini mungkin bisa Genhype cari di internet, tujuannya adalah supaya kalian paham dengan tata cara bersepeda mulai dari menentukan rute, membuat sinyal dengan tangan, hingga memahami prioritas berlalu lintas di jalanan.

Sudah siap untuk berkendara dengan sepeda? Jangan lupa pastikan Genhype sudah paham dengan kondisi jalanan dan jaga keselamatan ya!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ingin Sarapan Sehat? Ini Resep Telur, Kacang & Sayur dari Ahli Gizi

BERIKUTNYA

Melihat 5 Karakteristik Orang Indonesia Berdasarkan Jenis Promo yang Disuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: